Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korban Kebakaran Hutan Hawai Diperkirakan Terus Bertambah

Hingga saat ini, pejabat setempat memperkirakan korban akibat kebakaran hutan yang menjalar di Hawai mencapai 80 orang tewas.
Kebakaran hutan yang melibas Kepulauan Hawai meninggalkan korban tewas yang terjebak di antara puing/Bloomberg
Kebakaran hutan yang melibas Kepulauan Hawai meninggalkan korban tewas yang terjebak di antara puing/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA- Kebakaran hutan yang melibas Kepulauan Hawai meninggalkan korban tewas yang terjebak di antara puing.

Dikutip dari Bloomberg, Sabtu (12/8/2023), para pejabat menaikkan jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan yang menghancurkan di Pulau Maui, Hawai menjadi 80 orang saat tim penyelamat dan pembersihan terus menggali puing-puing kota bersejarah Lahaina.

Pihak berwenang mengatakan petugas pemadam kebakaran masih bekerja untuk menahan gelombang kebakaran di  Lahaina, Pulehu/Kihei dan Upcountry Maui. Dari pihak Kepolisian menyebutkan sekitar 1.000 orang masih belum ditemukan.

Sementara para petugas juga mengingatkan kepada para warga agar tidak mengonsumsi air tahan untuk sementara. Mereka khawatir air tanah telah terkontaminasi dari kebakaran.

"Kami telah mengalami tragedi di sini di Hawaii," kata Gubernur Josh Green hari Jumat dalam sebuah video yang diposting di Facebook.

Dia menyatakan bahwa kebakaran di Maui sangat menghancurkan. “Tapi kami punya harapan,” ucapnya.

Green mengatakan pada hari Kamis bahwa jumlah kematian mungkin akan meningkat karena kru pencarian bekerja melalui kerusakan yang dia anggap terlihat seperti tempat kejadian bom. Api menghancurkan 1.000 atau lebih bangunan, kata Green.

Accuweather Inc. memperkirakan kerusakan awal dari kebakaran tersebut sebesar US$8 miliar hingga US$10 miliar.

Survei udara menemukan lebih dari 270 bangunan terbakar di resor tepi pantai Lahaina, yang pernah menjadi ibu kota Kerajaan Hawai. Ribuan penduduk dan turis telah meninggalkan daerah yang tidak memiliki listrik, layanan telepon, atau internet.

Setelah menyaksikan langsung kerusakan tersebut, gubernur mengatakan kemungkinan itu adalah bencana alam terbesar dalam sejarah Hawai.

Foto dan video yang diposting ke media sosial minggu ini menggambarkan adegan apokaliptik. Kobaran api - yang dipicu oleh angin kencang dari badai yang jauh di lepas pantai - melanda kota dengan sangat cepat sehingga penduduk hanya memiliki sedikit waktu untuk melarikan diri, dan beberapa bahkan melompat ke laut untuk melarikan diri.

Penjaga Pantai mengatakan telah menyelamatkan lebih dari selusin orang dari perairan lepas pantai Lahaina di pantai Maui Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper