Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilmuwan Ungkap Alasan Himalaya Terus Bertambah Tinggi

Himalaya sebagai rangkaian pegunungan tertinggi di dunia, tidak terbentuk melalui satu tabrakan tektonik yang besar.
Himalaya sebagai rangkaian pegunungan tertinggi di dunia, tidak terbentuk melalui satu tabrakan tektonik yang besar. /GreatHimalayaTrail
Himalaya sebagai rangkaian pegunungan tertinggi di dunia, tidak terbentuk melalui satu tabrakan tektonik yang besar. /GreatHimalayaTrail

Bisnis.com, JAKARTA - Himalaya sebagai rangkaian pegunungan tertinggi di dunia, tidak terbentuk melalui satu tabrakan tektonik yang besar, seperti yang sebelumnya diyakini oleh para ilmuwan.

Sebelumnya, diasumsikan bahwa pegunungan ini terbentuk melalui satu tabrakan tektonik besar di mana lempeng tektonik India dan Eurasia bertabrakan langsung satu sama lain. 

Namun, penemuan baru ini mengungkap pegunungan Himalaya sebenarnya telah mencapai sekitar 60 persen dari ketinggian yang dimilikinya saat ini sebelum tabrakan antara lempeng tektonik India dan Eurasia benar-benar terjadi.

Dalam kata lain, pegunungan Himalaya tidak hanya terbentuk melalui satu tabrakan tektonik besar, tetapi juga melalui kombinasi dari berbagai proses tektonik yang terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang. Proses ini dimulai sekitar 45 hingga 59 juta tahun yang lalu.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada 10 Agustus 2023 dalam jurnal Nature Geoscience, Ibarra dan timnya menemukan pegunungan Himalaya telah mencapai sekitar 60 persen dari ketinggian yang saat ini sebelum terjadi tabrakan antara lempeng tektonik benua. 

"Studi kami menunjukkan bahwa tepi-tepi dari kedua lempeng tektonik ini sudah memiliki ketinggian yang cukup tinggi sebelum tabrakan yang menciptakan Himalaya terjadi, yaitu sekitar rata-rata 3,5 kilometer (2,2 mil)," ujar Page Chamberlain, seorang profesor ilmu Bumi dan planetari di Universitas Stanford yang merupakan penulis senior dari studi ini, dalam sebuah pernyataan. 

Saat ini, ketinggian rata-rata Himalaya mencapai 20.000 kaki (6.100 meter) dan salah satu gunung tertingginya adalah Gunung Everest yang mencapai ketinggian 29.032 kaki (8.849 m) di atas permukaan laut.

Para peneliti merekonstruksi sejarah rangkaian pegunungan ini dengan mengukur jumlah berbagai versi, atau isotop, oksigen dalam batuan sedimennya — sebuah teknik analisis oksigen triple yang biasanya digunakan untuk mempelajari meteorit. 

Dengan melacak perubahan ini, para peneliti dapat menentukan ketinggian sejarah batuan-batuan. 

Mereka menemukan bahwa komposisi pada sekitar 62 juta tahun yang lalu sesuai dengan ketinggian sekitar 11.480 kaki (3.500 m). 

"Itu jauh lebih tinggi dari yang banyak orang pikirkan," ujar Ibarra dalam pernyataan.

Lebih lanjut, tabrakan besar yang terjadi sekitar 45 hingga 59 juta tahun yang lalu pada akhirnya mendorong tepi lempeng tektonik India dan Eurasia naik sekitar 0,6 mil (1 km) 

“Gaya tektonik ini terus berlangsung dan berkontribusi pada pertumbuhan pegunungan bahkan sampai hari ini,” ujarnya. 

Adapun, dirinya menyebut temuan ini dapat menjadi menambah khazanah dalam fenomena iklim, termasuk pembentukan sistem musim monsun Asia Timur dan Selatan, 

"Pemahaman baru ini dapat mengubah teori-teori tentang iklim dan keanekaragaman hayati di masa lalu," tutup Ibarra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper