Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, upacara peringatan pembacaan proklamasi akan dilakukan di berbagai instansi.
Sarah, penjual bendera di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, semangat menjual pernak-pernik 17 Agustus, Selasa (8/8/2023). Dia menjual bendera, baju, kaos, umbul-umbul. JIBI/Bisnis-Nizar Fachri Rabbani
Sarah, penjual bendera di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, semangat menjual pernak-pernik 17 Agustus, Selasa (8/8/2023). Dia menjual bendera, baju, kaos, umbul-umbul. JIBI/Bisnis-Nizar Fachri Rabbani

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan setiap tanggal 17 Agustus diwarnai dengan berbagai macam peringatan, termasuk tradisi di berbagai daerah di Indonesia.

Setiap bulan Agustus, suasana kemerdekaan akan terlihat di berbagai tempat, mulai dari pemasangan bendera, nuansa merah-putih, serta berbagai kegiatan untuk memperingati hari nasional besar tersebut. 

Setiap tanggal 17 Agustus, upacara peringatan pembacaan proklamasi akan dilakukan di berbagai instansi, baik secara nasional yang dipimpin oleh presiden, maupun tingkat wilayah dan instansi. 

Selain upacara, masyarakat biasa melakukan perayaan dengan sejumlah perlombaan, pameran, acara musik, dan banyak lagi. 

Dilansir dari Wonderful Indonesia dan sumber lainnya (10/8/2023), perayaan 17 Agustus diwarnai dengan elemen lokal dan tradisional dari daerah tersebut. Hal ini memberikan keunikan pada setiap tradisi yang dilakukan.

Simak tradisi perayaan 17 Agustus di berbagai daerah:

1. Pacu Kude, Aceh

Tradisi pacuan kuda khas Aceh ini biasa diadakan di Kabupaten Aceh Tengah. Pacu Kude adalah acara meriah yang disaksikan oleh ribuan penonton. 

Mengutip situs Kemendikbud, Pacu Kude sudah diadakan di Aceh sejak tahun 1850. Seiring perkembangannya, kegiatan ini dianggap sebagai bentuk olahraga tradisional pacuan kuda dan terus diadakan. 

Setelah kemerdekaan, Pacu Kude diadakan untuk memeriahkan peringatan 17 Agustus. Acara ini diadakan dalam skala besar, bahkan diminati oleh wisatawan lokal dan asing. 


2. Lomba Dayung, Banjarmasin

Lomba Dayung sudah diadakan di Sungai Martapura, Banjarmasin sejak 1924. Perahu yang digunakan bernama jukung, yakni perahu tradisional oleh suku Banjar.

Perlombaan ini dijadikan sarana hiburan untuk memeriahkan kemerdekaan. Selain sebagai hiburan, lomba ini menjadi ajang untuk menemukan potensi pendayung yang andal. Lomba ini biasa diikuti oleh bukan hanya masyarakat Kalimantan Barat tetapi juga provinsi sekitar.


3. Obor Estafet, Semarang

Obor menyimbolkan semangat kepahlawanan yang lekat dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Obor Estafet biasa dilakukan di Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah. 

Dilansir dari situs Perpustakaan DIgital Budaya Indonesia, perlombaan ini sudah berusia 40 tahun, diadakan setiap tanggal 17 Agustus pada malam hari di Kelurahan Papandayan. 


4. Lomba Sampan Layar, Batam

Lomba Sampan Layar digelar dalam pesta rakyat setiap bulan Agustus. Lomba ini sudah ada sejak 1965. Daya tarik Lomba Sampan Layar adalah keindahan warna-warni layar yang digunakan oleh peserta.

Lomba ini diikuti oleh masyarakat Kepulauan Riau dari berbagai pulau. Perlombaan ini cukup populer sampai ke mancanegara, terutama negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.


5. Telok Abang, Palembang

Telok Abang adalah telur yang dicat merah dan dimasukkan ke dalam sebuah mainan lokal yang terbuat dari gabus. Gabus dibentuk menjadi berbagai rupa seperti kapal laut, pesawat terbang, dan kereta. 

Mainan ini biasanya muncul pada Agustus menjelang hari kemerdekaan. Penjualan mainan dengan telur merah ini telah menjadi tradisi yang hanya ada di Palembang.


6. Barikan, Malang

Barikan adalah bentuk syukuran perayaan 17 Agustus oleh masyarakat Malang. Masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang akan berkumpul dan bersilaturahmi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan solidaritas masyarakat setempat. 

Dilansir dari Kominfo Jawa Timur, Walikota dan Wakil Walikota Malang juga turut serta menghadiri acara dan menjadikan syukuran ini momentum untuk menghargai budaya akulturasi. 


7. Sepakbola Durian, Kebumen

Perlombaan yang berasal dari Kebumen, Jawa tengah ini cukup unik karena menggunakan buah durian sebagai bola. Sepakbola durian menjadi olahraga ekstrem yang biasanya hanya diikuti anggota Densus 99 dan anggota forum spiritual setempat. 


8. Tirakatan, Jawa

Tirakatan adalah tradisi peringatan 17 Agustus yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa, seperti di Yogyakarta dan sekitarnya. Tirakatan merupakan bentuk tradisi menyampaikan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. 

Tirakatan diadakan setiap tahun pada malam tanggal 16 Agustus. Masyarakat akan berkumpul untuk mengadakan syukuran dan bersilaturahmi satu sama lain. 


9. Pawai Jampana, Bandung

Untuk memeriahkan 17 Agustus, masyarakat Bandung akan mengadakan pawai dengan membawa berbagai macam bentuk tandu. Tandu tersebut menampung berbagai hasil panen, kerajinan, dan makanan dari masyarakat

Benda-benda yang ada di tandu tersebut kemudian akan diperebutkan oleh peserta pawai dan dinikmati bersama. 


10. Peresean, Lombok

Peresean adalah kesenian tradisional masyarakat Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dilansir dari situs Kemenparekraf, Peresean berbentuk tarian atraksi yang dilakukan oleh kaum laki-laki yang disebut pepadu (jagoan).

Pada pepadu ini akan menunjukkan ketangkasan masing-masing dengan menggunakan alat pukul dari rotan dan tameng dari kulit. Tarian ini dilaksanakan pada perayaan besar seperti hari kemerdekaan dan juga sebagai atraksi wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maretha Uli
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper