Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Jajal LRT Hari ini, Harjamukti - Cawang hanya 29 Menit!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan LRT (Light Rail Transit) Jabodetabek pada hari ini, Kamis (3/8/2023).
Rangkaian LRT Jabodebek. ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub.
Rangkaian LRT Jabodebek. ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub.

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau LRT (Light Rail Transit) Jabodetabek pada hari ini, Kamis (3/8/2023).

Menurut pantauan Bisnis, Jokowi tiba di Stasiun Harjamukti, Cimanggis, Depok pada pukul 08.13 WIB dengan mengenakan kaos coklat dan celana bahan hitam.

Presiden Ke-7 RI itu melakukan perhentian pertama di Stasiun Cawang dengan waktu tempuh selama 29 menit dari Stasiun Harjamukti.

Tampak yang mendampingi Jokowi adalah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Sementara itu, belum lama ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan tarif bagi LRT Jabodebek.

Tarif tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023, tentang tarif angkutan orang dengan kereta api  ringan terintegrasi di wilayah Jabodebek untuk melaksanakan  kewajiban pelayanan publik.

Dalam keputusan tersebut dijelaskan bahwa telah ditetapkan tarif LRT Jabodebek yakni Rp 5.000 untuk 1 km pertama, dan selanjutnya masyarakat dikenakan Rp 700 setiap km berikutnya.

Untuk mempermudah mobilisasi masyarakat menuju dan melanjutkan perjalanan dari stasiun, LRT Jabodebek berkolaborasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, serta pihak swasta dalam penyiapan konektivitas dengan transportasi lain di seluruh stasiun LRT Jabodebek.

Menurut kalkulasi Bisnis, apabila seseorang naik dari stasiun LRT Harjamukti ke stasiun Dukuh Atas yang memiliki jarak sekitar 24 km, maka untuk 1 km pertama seseorang akan membayarkan Rp5.000 dan sisanya kilometer selanjutnya adalah Rp16.100 sehingga orang tersebut harus membayar Rp19.100 untuk satu kali perjalanan dengan waktu tempuh 37 menit.

Sementara itu, perjalanan dari Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya, Bekasi membutuhkan waktu 40 menit dengan jarak 27,3 km. Maka, untuk 1 kilometer pertama seseorang akan membayarkan Rp5.000 dan sisanya kilometer selanjutnya adalah Rp18.200 sehingga orang tersebut harus membayar Rp23.200.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper