Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Senang 96 Persen Masyarakat Indonesia Percaya Tuhan, Tertinggi di Dunia

Jokowi bersyukur karena 96 persen masyarakat Indonesia percaya dengan adanya Tuhan atau menjadi yang tertinggi di dunia
Jokowi Senang 96 Persen Masyarakat Indonesia Percaya Tuhan, Tertinggi di Dunia / Setpres
Jokowi Senang 96 Persen Masyarakat Indonesia Percaya Tuhan, Tertinggi di Dunia / Setpres

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur karena 96 persen masyarakat Indonesia percaya dengan adanya Tuhan.

Dia mengaku bahwa angka tersebut diraihnya melalui survei yang pernah dibacanya di portal berita internasional.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri agenda zikir dan doa kebangsaan HUT Ke-78 Indonesia di Halaman Depan Istana Merdeka, Selasa (1/8/2023).

“Saya baca 96 persen masyarakat Indonesia percaya terhadap tuhan. Dan angka ini adalah tertinggi di dunia. Alhamdulillah, tertinggi di dunia. Di atas negara-negara lain baik di Afrika, Eropa, Amerika Serikat dan bahkan di Timur Tengah,” ujarnya di halaman Istana Merdeka, Selasa (1/8/2023).

Orang nomor satu di Indonesia itu pun memerinci bahwa di Turki kepercayaan masyarakat terhadap agama dan Tuhan mencapai 75 persen.

Oleh sebab itu, dia meyakini bahwa dengan percaya dengan agama dan Tuhan menjadi salah satu modal kuat sebuah bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan dan situasi yang tak menentu.

Menurutnya, dengan kepercayaan masyarakat kepada Allah SWT merupakan hal yang sangat penting agar manusia punya moral dan tata nilai yang baik serta memiliki kekuatan dalam menghadapi berbagai masalah yang ada.

“Masalah ke depan akan makin kompleks dan makin banyak. Jadi, punya kompas dalam hidup akan lebih baik, karena kita kompasnya kalau kita percaya Allah SWT,” pungkas Jokowi.

Berdasarkan PEW Research Center mencatatkan bahwa hampir semua orang yang disurvei di Indonesia dan Filipina masing-masing 96 persen mengamini kuatnya hubungan antara kepercayaan masyarakat kepada Tuhan dan memiliki nilai-nilai yang baik. Sementara di India sebanyak 79 persen mengatakan hal yang sama.

Namun, di Asia Timur, orang Korea Selatan agak terpecah dalam pertanyaan ini yaitu 53 persen mengatakan perlu menguatkan hubungan dengan Tuhan, sementara sebagian kecil di Jepang berada di angka 39 persen dan Australia 19 persen berpandangan bahwa dekat dengan Tuhan itu perlu, karena percaya kepada Tuhan untuk menjadi orang yang bermoral.

Sementara itu, di Uni Eropa, Yunani memiliki jumlah penduduk terbesar yang mengikat kepercayaan kepada Tuhan dengan moralitas yaitu 53 persen, diikuti oleh Bulgaria 50 persen dan Slovakia 45 persen.

Namun, di banyak negara di benua Eropa, relatif sedikit orang yang mengatakan percaya kepada Tuhan untuk bermoral itu perlu, termasuk hanya 9 persen di Swedia, 14 persen di Republik Ceko, dan 15 persen di Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper