Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Briptu Tiara Nissa Zulbida, Polwan Asal Jatim Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian Turki

Polwan asal Jawa Timur (Jatim) Briptu Tiara Nissa Zulbida meraih predikat lulusan terbaik pada Akademi Kepolisian Turki.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan  berjabat tangan dengan Polwan asal Jawa Timur (Jatim) Indonesia Briptu Tiara Nissa Zulbida yang meraih predikat lulusan terbaik pada Akademi Kepolisian Turki, Rabu (26/7/2023)./Dok. KBRI Ankara
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjabat tangan dengan Polwan asal Jawa Timur (Jatim) Indonesia Briptu Tiara Nissa Zulbida yang meraih predikat lulusan terbaik pada Akademi Kepolisian Turki, Rabu (26/7/2023)./Dok. KBRI Ankara

Bisnis.com, JAKARTA – Polwan asal Jawa Timur (Jatim) Briptu Tiara Nissa Zulbida meraih predikat lulusan terbaik pada Akademi Kepolisian Turki.

Melansir keterangan tertulis Kedubes RI Ankara, Jumat (28/7/2023), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menitipkan salam kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi lewat Tiara saat mengetahui salah seorang lulusan terbaik berasal dari Indonesia.

Dari video viral yang beredar, terlihat spontanitas Presiden Erdogan untuk berjabat tangan lebih lama dan mengirimkan salam kepada Jokowi.

Tiara yang menerima salam itu, terlihat percaya diri berbincang dengan Erdogan dalam bahasa Turki.

Peristiwa tersebut terjadi pada saat wisuda pelatihan capacity building "the First Level Police Chief Training and the Non Thesis Master Degree" yang berlangsung di Akademi Kepolisian, Turkish National Police, Ankara, Turki, Rabu (26/7/2023).

"Pesan persaudaraan yang dikirimkan oleh Presiden Erdogan kepada Presiden Jokowi menunjukkan hubungan kedua bangsa dalam dan mengakar. Indonesia mendapat tempat khusus di hati pemimpin dan masyarakat Turki sebagaimana pemimpin dan rakyat Turki juga memperoleh tempat spesial di hati orang Indonesia,” kata Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal mengomentari peristiwa itu sekaligus menerima anggota Polri tersebut di KBRI Ankara Jumat (28/7/2023).

Tiara menempati peringkat kelima lulusan terbaik dan merupakan satu-satunya peserta asing wanita terbaik pada pelatihan itu. Menjadi lulusan terbaik, Tiara memperoleh kehormatan menyampaikan pidato dalam bahasa Turki di hadapan Erdogan dan seluruh tamu undangan yang hadir.

"Ini pertama kalinya anggota Polri memperoleh predikat lulusan terbaik. Keberhasilan ini merupakan prestasi Polri di Turki,” kata Kombes Pol Harviadhi Agung Pratama, Atase Kepolisian RI di Ankara yang hadir pada acara wisuda dengan Duta Besar RI.

Pelatihan capacity building "the First Level Police Chief Training and the Non Thesis Master Degree" berlangsung selama 1,5 tahun dan setara dengan program Master. Pelatihan ini diikuti oleh 87 peserta didik internasional dari 16 negara, termasuk 3 (tiga) peserta dari Indonesia. Selain Tiara dari Polda Jawa Timur, peserta dari Indonesia yaitu Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepulauan Riau dan Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat.

Kerja sama Kepolisian RI - Turki semakin meningkat dalam lima tahun terakhir.  Pelatihan ini merupakan implementasi kerja sama kepolisian kedua negara yang semakin progresif yang tertuang dalam Memorandum of Intent (MoI) Technical Arrangement on Police Education and Training yang ditandatangani pada tahun 2017.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper