Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taiwan Tutup Kegiatan Bisnis dan Ratusan Penerbangan Dibatalkan Akibat Topan Doksuri

Taiwan Selatan menutup kegiatan bisnis dan sekolah dan lebih dari 100 penerbangan domestik dibatalkan akibat ancaman Topan Doksuri.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Taiwan Selatan pada Kamis (27/7/2023) menutup kegiatan bisnis dan sekolah. Sementara, maskapai penerbangan membatalkan ratusan penerbangan domestik di tengah peringatan tanah longsor dan banjir saat Topan Doksuri yang akan datang akhir pekan ini.

Pada pukul 10.15 waktu setempat, Topan Doksuri dikategorikan sebagai topan terkuat kedua oleh biro cuaca Taiwan, dan menuju ke arah Selat Taiwan bagian Selatan dengan kecepatan angin maksimum 191 km/jam.

Pada satu titik, Doksuri adalah topan super, tetapi kehilangan sebagian kekuatannya setelah menghantam garis pantai Filipina Utara pada Rabu (26/7/2023).

Doksuri menewaskan lima orang di Filipina, menurut badan bencana negara itu.

Biro cuaca Taiwan mengeluarkan peringatan angin dan hujan pada Kamis (27/7/2023) di bagian Selatan pulau itu, termasuk kota pelabuhan utama Kaohsiung, di mana bisnis dan sekolah ditutup dan peringatan tanah longsor dikeluarkan.

Lebih dari 100 Penerbangan Ditangguhkan

Dilansir dari Channel News Asia, semua penerbangan domestik dan jalur feri ditangguhkan di Taiwan dan lebih dari 100 penerbangan internasional dibatalkan atau ditunda.

Layanan kereta api antara Taiwan Selatan dan Tmur ditutup.

Lebih dari 5.700 orang dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Sebagian besar di pegunungan Taiwan Selatan dan Timur yang curah hujan lebih dari 0,7 mm tercatat di beberapa daerah dan diperkirakan hingga 1 mm.

Badai tersebut telah memutus aliran listrik dari lebih dari 49.000 rumah tangga di seluruh Taiwan, tetapi sebagian besar telah pulih kembali.

"Topan Doksuri tidak boleh diremehkan," kata Wali Kota Kaohsiung, Chen Chi-mai, dalam sebuah unggahandi Facebook Rabu (26/7/2023) malam.

Dikatakan, polisi dan tentara akan membantu evakuasi jika diperlukan untuk mempersiapkan menghadapi Topan Doksuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper