Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100.000 Orang Dievakuasi karena Topan Mengancam India dan Pakistan

Lebih dari 100.000 orang telah dievakuasi dari jalur topan dahsyat menuju India dan Pakistan karena ancaman topan.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 100.000 orang telah dievakuasi dari jalur topan dahsyat menuju India dan Pakistan karena pemantau cuaca pemerintah memperingatkan pada Rabu (14/6/2023) topan dapat menghancurkan rumah dan merobohkan saluran listrik.

Biparjoy, yang berarti "bencana" dalam bahasa Bengali, sedang melintasi Laut Arab dan diperkirakan akan mendarat sebagai "badai siklon yang sangat parah" pada Kamis (15/6/2023) malam, kata pemantau cuaca pemerintah.

Angin kencang, gelombang badai, dan hujan lebat diperkirakan akan menghantam pantai sepanjang 325 kilometer (200 mil) antara Mandvi di Negara Bagian Gujarat India dan Karachi di Pakistan.

Melansir CNA, Kamis (15/6/2023), Departemen Meteorologi India memperkirakan badai akan melanda dekat pelabuhan India Jakhau pada Kamis (15/6/2023) malam, dan memperingatkan "kehancuran total" rumah-rumah tradisional dari lumpur dan jerami.

Di laut, angin bertiup dengan kecepatan hingga 180 km per jam, kata peramal cuaca.

Pada saat mendarat, kecepatan angin diperkirakan mencapai 125 hingga 135kmh, dengan hembusan hingga 150 kmh.

"Lebih dari 47.000 orang telah dievakuasi dari daerah pesisir dan dataran rendah ke tempat berlindung," kata C C Patel, seorang pejabat yang bertanggung jawab atas operasi bantuan di Gujarat.

Jumlah warga yang akan dievakuasi diperkirakan lebih banyak lagi.

Ahli meteorologi India memperingatkan potensi kerusakan yang meluas, termasuk penghancuran tanaman, tiang listrik, saluran komunikasi, dan gangguan rel kereta api serta jalan raya.

Di kota pantai Mandvi, jalan-jalan sebagian besar kosong pada, hanya beberapa anjing liar yang lapar berkeliaran di gubuk-gubuk pantai yang ditinggalkan, sementara ombak besar bergulung di bawah hembusan angin kencang dan langit kelabu.

Pemerintah negara bagian Gujarat merilis foto yang memperlihatkan antrean penduduk yang membawa tas kecil berisi barang-barang dan naik bus ke pedalaman jauh dari daerah yang diperkirakan paling parah terkena dampak.

Menteri Perubahan iklim Pakistan Sherry Rehman mengatakan pada hari Rabu(14/6/2023), bahwa 62.000 orang telah dievakuasi dari garis pantai tenggara negara itu, dengan 75 kamp bantuan didirikan di sekolah dan perguruan tinggi.

Dia mengatakan para nelayan telah diperingatkan untuk menghindari air dan pesawat kecil dilarang terbang, sementara banjir perkotaan mungkin terjadi di kota besar Karachi, rumah bagi sekitar 20 juta orang.

"Kami mengikuti kebijakan kehati-hatian daripada menunggu dan melihat," katanya kepada wartawan di Islamabad. Prioritas pertama kami adalah menyelamatkan nyawa."

Ancaman Banjir

Departemen Meteorologi Pakistan memperkirakan hembusan angin hingga 140 km/jam di Provinsi tenggara Sindh, disertai gelombang badai mencapai 3,5 meter.

Penangkapan ikan juga telah dihentikan di sepanjang pantai Gujarat dengan kondisi yang diperkirakan akan meningkat dari "kasar menjadi sangat kasar" pada hari Rabu (14/6/2023) menjadi "tinggi hingga fenomenal".

"Banjir mungkin terjadi di beberapa daerah dataran rendah dan kami siap menanganinya," kata Mohsen Shahedi, pejabat senior dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional India, kepada wartawan.

Lima orang telah tewas di India termasuk dua anak yang tertimpa tembok runtuh, sementara seorang wanita tertimpa pohon tumbang saat mengendarai sepeda motor.

Topan - setara dengan angin topan di Atlantik Utara atau topan di Pasifik Barat Laut - adalah ancaman rutin dan mematikan di pantai Samudra Hindia bagian utara, tempat tinggal puluhan juta orang.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai menjadi lebih kuat saat dunia menjadi lebih hangat dengan perubahan iklim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper