Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Peran Penting Ayah dalam Pengasuhan untuk Tumbuh Kembang Anak

Peneliti muda Oktriyanto menyampaikan 7 peran penting ayah dalam pengasuhan untuk tumbuh kembang anak.
Ilustrasi parenting
Ilustrasi parenting

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti Ahli Muda Pusat Riset Kependudukan, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial Humaniora Oktriyanto menyampaikan peran penting pengasuhan ayah terhadap anak. 

Dia mengatakan bahwa peran ayah memang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Ayah berperan sebagai pelindung, model maupun bentuk perilaku. 

Oktriyanto menyatakan terdapat 7 peran ayah yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga sosoknya memang perlu diisi dalam keluarga. 

Pertama, ayah berperan sebagai pelindung dan penjaga keluarga. Kedua, ayah berfungsi sebagai model perilaku yang penting bagi anak.

"Kadang-kadang sosok ayah hadir tetapi tidak berperan dalam pengasuhan, ini yang menjadi masalah," katanya, dalam Webinar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pada Selasa (25/7/2023). 

Ketiga, ayah berperan sebagai pendukung dan motivator bagi perkembangan anak. Keempat, ayah yang baik akan berkomunikasi dengan anak secara terbuka dan mengakomodasi perasaan dan pandangan mereka.

"Banyak studi yang menyimpulkan atau menyampaikan bahwasannya ketika kehadiran Ayah kurang, maka banyak terjadi permasalahan," ujarnya.

Kelima, ayah membantu anak mengembangkan kemandirian dengan memberikan tanggung jawab yang sesuai dengan usia.

"Jika sosok ayah hilang, pada anak laki-laki biasanya akan berperilaku negatif, terjadi kenakalan remaja," ucapnya. 

Keenam, ayah berperan dalam mengajarkan nilai- nilai moral dan etika kepada anak. Ketujuh, ayah membantu anak menggali potensi dan bakat mereka.

"Kemudian, jika sosok ayah hilang, yang akan terjadi pada anak perempuan remaja biasanya akan mencari sosok lain di luar selain ayahnya," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper