Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontroversi-Fakta Bom Cluster yang Digunakan Rusia-Ukraina dan Dilarang 120 Negara

Gedung Putih telah mengonfirmasi bahwa Ukraina menggunakan bom cluster Amerika Serikat (AS) melawan pasukan Rusia di negara tersebut.
Tim penyelamat bekerja di lokasi bangunan tempat tinggal yang rusak berat akibat serangan rudal Rusia, saat serangan Rusia ke Ukraina berlanjut, di Mykolaiv, Ukraina 20 Juli 2023. REUTERS/Viktoria Lakezina
Tim penyelamat bekerja di lokasi bangunan tempat tinggal yang rusak berat akibat serangan rudal Rusia, saat serangan Rusia ke Ukraina berlanjut, di Mykolaiv, Ukraina 20 Juli 2023. REUTERS/Viktoria Lakezina

Bisnis.com, JAKARTA - Gedung Putih telah mengonfirmasi bahwa Ukraina menggunakan bom cluster Amerika Serikat (AS) melawan pasukan Rusia di negara tersebut.

Melansir Reuters, Jumat (21/7/2023), Juru Bicara Keamanan Nasional John Kirby mengatakan umpan balik awal menunjukkan bahwa bom itu digunakan "secara efektif" pada posisi dan operasi pertahanan Rusia.

Sebelumnya, AS telah mengonfirmasi akan memberikan munisi tandan ke Ukraina, menyusul seruan dari kelompok hak asasi manusia untuk Kyiv dan Moskow untuk berhenti menggunakan senjata kontroversial tersebut.

Berikut fakta bom cluster:

1. Apa itu bom cluster?

Melansir Guardian, Jumat (21/7/2023), bom cluster adalah senjata yang pecah di udara dan melepaskan banyak submunisi atau "bom" peledak di area yang luas. Bom ini dapat dikirim dengan pesawat, artileri dan rudal, menurut Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

2. Seberapa berbahaya bom cluster?

Bom cluster dirancang untuk meledak saat menghantam tanah, dan siapa pun di area itu kemungkinan besar akan terbunuh atau terluka parah. Di luar kerusakan awal yang disebabkan oleh amunisi saat hantaman, banyak bom yang gagal meledak setelah ditembakkan. Hingga 40 persen bom gagal meledak dalam beberapa konflik baru-baru ini, menurut ICRC.

Akibatnya, bom cluster, seperti ranjau darat, menimbulkan risiko bagi warga sipil setelah lama digunakan. Bom yang tidak meledak dapat membunuh dan melukai orang bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun setelah amunisi ditembakkan.

Kelompok hak asasi manusia (HAM) mengatakan bahwa penggunaan bom cluster di daerah berpenduduk merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional karena menyebabkan kehancuran tanpa pandang bulu. Enam puluh persen korban bom cluster adalah orang-orang yang terluka saat melakukan aktivitas sehari-hari, menurut Reuters. Sepertiga dari semua korban yang tercatat adalah anak-anak.

Lebih dari 120 negara telah menandatangani Konvensi Bom Cluster, yang melarang penggunaan, produksi, pemindahan, dan penimbunan senjata. Rusia, Ukraina, dan AS semuanya menolak untuk menandatangani perjanjian itu. Sejak konvensi diadopsi pada tahun 2008, sebanyak 99 perseb persediaan global telah dihancurkan, menurut Koalisi Bom Cluster

3. Di mana bom cluster digunakan?

Senjata itu pertama kali digunakan dalam Perang Dunia Kedua dan setidaknya 15 negara telah menggunakannya pada tahun-tahun berikutnya, menurut Reuters, seperti Eritrea, Ethiopia, Prancis, Israel, Maroko, Belanda, Inggris, Rusia, dan AS.

AS menjatuhkan sekitar 260 juta amunisi bom cluster di Laos antara tahun 1964 dan 1973. Sejauh ini, kurang dari 400.000 – atau 0,47 persen – telah dibersihkan dan setidaknya 11.000 orang telah terbunuh, menurut Reuters.
Pasukan Rusia telah menggunakan bom cluster di daerah berpenduduk di Ukraina. Penelitian oleh Guardian telah menemukan, mengakibatkan kematian puluhan warga sipil. Ukraina juga telah menggunakannya dalam upaya merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia, menurut Human Rights Watch.

4. Mengapa Ukraina membutuhkan bom cluster?

Kyiv telah mendorong untuk bom cluster, dengan alasan bahwa senjata tersebut akan membantu dalam serangan balasannya dengan memungkinkan pasukannya untuk menargetkan posisi Rusia dan untuk mengatasi kelemahannya dalam hal tenaga kerja dan artileri.

Sampai baru-baru ini, Washington telah menolak panggilan Kyiv, mengutip kekhawatiran tentang penggunaan senjata dan mengatakan itu tidak diperlukan. Namun para pejabat AS baru-baru ini mengisyaratkan pergeseran dan seorang pejabat senior Pentagon mengatakan bulan lalu bahwa militer AS yakin bom cluster akan berguna, terutama melawan posisi Rusia

Tetapi kelompok-kelompok HAM meminta Rusia dan Ukraina untuk berhenti menggunakan bom cluster dan mendesak AS untuk tidak memasok amunisi yang “tidak pandang bulu” ke Kyiv.

“Amunisi cluster yang digunakan oleh Rusia dan Ukraina membunuh warga sipil sekarang dan akan terus berlanjut selama bertahun-tahun,” kata Mary Wareham, Penjabat Direktur Senjata di Human Rights Watch.

Kedua belah pihak harus segera berhenti menggunakannya dan tidak mencoba mendapatkan lebih banyak senjata sembarangan ini, tambahnya.

Pejabat AS telah mengklaim bahwa setiap amunisi yang diberikan ke Ukraina akan memiliki "tingkat tak berguna" yang berkurang, yang berarti akan ada jauh lebih sedikit peluru yang tidak meledak yang nantinya dapat mengakibatkan kematian warga sipil yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper