Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Perang Rusia vs Ukraina Hari Ini, Rusia Kehilangan Banyak Pilot

Putin mengatakan bahwa beberapa pilot Rusia telah tewas dalam konfrontasi dengan para pemberontak
PERANG RUSIA VS UKRAINA. Pasukan militer Rusia menembakkan Rudal ke wilayah Ukraina/ The Moscow Times.
PERANG RUSIA VS UKRAINA. Pasukan militer Rusia menembakkan Rudal ke wilayah Ukraina/ The Moscow Times.

Bisnis.com, JAKARTA – Lebih dari setahun, perang Rusia vs Ukraina telah memberikan dampak negatif bagi kedua negara ini. Perang mengisolasi Rusia dari Barat dan memicu ketidakpastian ekonomi di seluruh dunia.

Media pemerintah Belarusia melaporkan bahwa pemimpin tentara bayaran Rusia Yevgeny V. Prigozhin tiba di Belarusia pada hari Selasa. Yevgeny mengakhiri spekulasi selama berhari-hari mengenai keberadaannya setelah dia membatalkan pemberontakan yang paling dramatis terhadap pemerintahan Presiden Vladimir V. Putin dalam dua dekade.

Presiden Aleksandr G. Lukashenko dari Belarusia, sekutu terdekat Rusia, menggambarkan percakapan teleponnya dengan Putin dan Prigozhin ketika tentara bayaran Wagner berbaris ke Moskow pada hari Sabtu.

Menurut keterangannya sendiri yang dilaporkan oleh media pemerintah Belarusia, Lukashenko mengatakan bahwa Putin telah meningkatkan kemungkinan untuk membunuh Prigozhin.

Namun, Lukashenko mengatakan bahwa ia telah mendesak agar tidak menanggapi dengan terburu-buru, dengan mengatakan bahwa "perdamaian yang buruk lebih baik daripada perang apa pun." Pemimpin Belarusia itu mengatakan bahwa ia kemudian menelepon Prigozhin, memperingatkannya bahwa Putin bermaksud untuk "menggencetnya seperti kutu."

 Ini adalah yang terbaru dari serangkaian penampilan sejak pemberontakan di mana Putin telah mencoba merebut inisiatif politik, menunjukkan bahwa Putin telah memperkaya dirinya sendiri dengan mengorbankan negara dan secara tidak langsung memperingatkan konsekuensi bagi para pejabat yang membantunya.

Dilansir dari The New York Times, Rabu (28/06/23), berikut adalah perkembangan lainnya:

- Pihak berwenang Rusia membatalkan penyelidikan terhadap Prigozhin dan anggota kelompok Wagner atas pemberontakan bersenjata tersebut.

Menurut laporan media pemerintah, kelompok ini sedang bersiap-siap untuk menyerahkan peralatan militer kepada Angkatan Darat Rusia, sementara Kremlin meningkatkan upaya bersama untuk beralih dari pemberontakan.

- Tidak ada tanggapan langsung dari kelompok Wagner atau dari Prigozhin atas pengumuman bahwa penyelidikan telah diakhiri. Dan hanya ada sedikit rincian tentang berapa banyak peralatan Wagner yang akan dilepaskan atau berapa banyak pesawat tempurnya. Jumlahnya baru-baru ini disebutkan oleh Prigozhin mencapai 25 ribu dan akan ditempatkan di bawah komando Angkatan Darat Rusia.

- Dalam pidato singkatnya di Kremlin pada hari Selasa, Putin mengatakan bahwa beberapa pilot Rusia telah "tewas dalam konfrontasi dengan para pemberontak," dan ia memuji mereka karena telah melaksanakan tugas mereka. Dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi pada Senin malam, Putin yang tampak marah mengecam pemberontakan sebagai "pemerasan" yang "pasti akan gagal", meskipun ia tidak menyebut nama Prigozhin, sekutunya.

- Lukashenko membantah bahwa pasukan Wagner akan menjaga senjata nuklir yang dikerahkan Rusia di Belarus. Dia mengatakan bahwa dia telah menawarkan pangkalan militer yang "terbengkalai" kepada kelompok tentara bayaran itu di negara tersebut, tetapi masih belum jelas pada hari Selasa apakah ada anggotanya yang tiba.

- Ukraina tampaknya merebut lebih banyak pulau sungai di sekitar kota Kherson di bagian selatan dalam perluasan serangan balasannya, menurut penduduk dan blogger militer Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper