Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Arti Volunteer, Manfaat, Gaji dan Tips Mengikutinya

Volunteer adalah kegiatan sukarela yang dilakukan atas dasar kemanusiaan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini
Mengenal Arti Volunteer dan Tugas-tugasnya/pexels
Mengenal Arti Volunteer dan Tugas-tugasnya/pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Kegiatan volunteer sering identik dengan berbagai masalah sosial serta penanganan bencana. Walaupun info dan rekruitmen kegiatan volunteer saat ini sudah lebih mudah untuk ditemukan, masih banyak orang yang tidak paham betul mengenai kegiatan volunteer ini.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang kegiatan volunteer. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Apa itu Volunteer?

Secara tata bahasa, volunteer artinya sukarelawan. Dengan kata lain, kegiatan volunteer adalah suatu kegiatan berupa kontribusi waktu, tenaga, kemampuan dengan tujuan membantu komunitas sosial kemanusiaan tanpa adanya keuntungan finansial bagi pelaku volunteer.

Tugas Volunteer

Tidak ada ketentuan umum mengenai hal yang harus dilakukan seorang sukarelawan atau volunteer. Terkait kewajiban atau tugas volunteer bergantung pada tempat volunteer tersebut mengabdi. 

Ada bermacam posisi volunteer yang bisa Anda ikut. Volunteer acara amal dan dapur umum penanggulangan bencana merupakan contoh volunteer yang paling mudah ditemui. Ada juga jenis volunteer lainnya seperti menjadi pengajar di suatu institusi pendidikan, volunteer pemadam kebakaran, hingga volunteer untuk event-event besar seperti Asian Games, Sea Games, dan lain sebagainya.

Tips Mengikuti Kegiatan Volunteer

Ada banyak manfaat yang dapat menjadi alasan mengikuti volunteer. Sebagai contoh, ada beberapa orang yang mendapatkan kepercayaan diri serta kemampuan bersosialisasi dari kegiatan volunteer. Selain itu, kegiatan volunteer bisa digunakan untuk mengisi resume atau CV Anda. Pasalnya, riwayat kegiatan volunteer kerap kali menjadi bukti komitmen, kesetiaan, dan keinginan kuat kita dalam suatu kegiatan mengesampingkan alasan finansial.

Megutip penjelasan umn.ac.id ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan apabila berminat akan kegiatan volunteer.

1. Memahami tujuan pribadi saat mengikuti program volunteer

Sebelum mengikuti program volunteer, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa yang kita ingin dapatkan dari program tersebut. Ada sebagian yang mengikuti kegiatan volunteer hanya untuk mengisi waktu luang. 

Ada juga yang memang benar-benar ingin mengasah kemampuannya. Jadi, tetapkan tujuan pribadi sebelum mengikuti kegiatan. Karena kegiatan volunteer ini akan memakan waktu dan tenaga.

2. Sesuaikan bentuk kontribusi dengan kemampuan

Bentuk kontribusi setiap volunteer berbeda-beda dan biasanya tertera pada buku panduan atau terms of reference yang dapat diakses oleh calon volunteer. Maka dari itu, akan lebih baik untuk mencermati ketentuan dan jenis-jenis kontribusi yang dapat Anda berikan. Jangan sampai ketika kegiatan dimulai, jenis tanggung jawab yang diberikan melebihi kemampuan Anda.

3. Siapkan pikiran dan mental

Mengikuti kegiatan volunteer bukan berarti bisa bertindak seenaknya sendiri. Ada beberapa peraturan-peraturan tertentu dalam berkegiatan. Selain itu, ada kalanya Anda harus siap menerima kritik dan saran. 

Anda dituntut untuk bersabar, karena seringkali dalam kegiatan volunteer terjadi banyak hal di luar prediksi. Anggap saja hal-hal tersebut sebagai alat penempa pribadi kita.

Jika kita perhatikan, manfaat volunteer ini tidak terlalu banyak. Namun yang pasti, kegiatan volunteer dapat menempa jiwa sosial dan kepemimpinan. Dalam kegiatan volunteer, sukarelawan dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang dan membentuk tim untuk bekerja sama.

Berapa Gaji Volunteer?

Salah satu pertanyaan yang sering terlontar dari masyarakat umum terkait volunteer yaitu perihal gaji. Banyak yang bertanya apakah volunteer di gaji? Berapa gajinya?

Dari arti volunteer sudah dapat diketahui bahwa sukarelawan dalam kegiatan ini tidak digaji atau bisa dibilang memiliki gaji Rp 0,-. Hal ini berkaitan dengan prinsip volunteer dimana pekerjaan volunteer tidak dibayar. 

Namun, hal tersebut menyesuaikan kesepakatan dengan pihak penyelenggara. Ada beberapa penyelenggara yang menyediakan kompensasi seperti sarana transportasi dan konsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper