Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Selidiki Kasus Korupsi di Kementan, Ini Profil Politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo

KPK saat ini telah membuka penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang dipimpin Ketua DPP NasDem Syahrul Yasin Limpo.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat dijumpai di Kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Rabu (24/8/2022) - BISNIS/Ni Luh Anggela 
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat dijumpai di Kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Rabu (24/8/2022) - BISNIS/Ni Luh Anggela 

Bisnis.com, JAKARTA – KPK saat ini telah membuka penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang dipimpin Ketua DPP NasDem Syahrul Yasin Limpo.

Informasi tersebut dibenarkan Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu.

"Saat ini KPK sedang melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementan," kata Asep melansir Antara, Rabu (14/6/2023).

Dia belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kasus tersebut karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan.

"Betul, masih dalam proses penyelidikan, mohon maaf belum ada informasi yang bisa kami sampaikan," ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan perihal penyelidikan tersebut dan lembaga itu telah memeriksa sejumlah pihak terkait dugaan tindak pidana korupsi tersebut.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar, tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI," kata Ali.

Ali menyebut penyelidikan tersebut sebagai tindak lanjut laporan masyarakat yang diterima KPK dan ditindaklanjuti dengan proses penegakan hukum.

Profil Yasin Limpo

Adapun, Syahrul Yasin Limpo menyatakan tidak mengerti  isu atau dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementan saat berkunjung ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

“Saya tidak mengerti itu," Syahrul Yasin Limpo di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (14/6/2023).

Saat ditanya lebih jauh terkait isu tersebut, eks Gubernur Sulawesi Selatan itu enggan menjawab pertanyaan wartawan dan langsung menuju kendaraan dinas yang sudah terparkir.

Lalu, siapa Syahrul Yasin Limpo?

Syahrul Yasin Limpo lahir pada 16 Maret 1955. Pria berumur 68 tahun ini adalah ketua DPP Partai NasDem, dan meraih gelar sarjana dari Universitas Hasanudin Makassar.

Menteri Pertanian Indonesia ke-28 yang menjabat sejak tanggal 23 Oktober 2019 di Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dia adalah seorang politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan sejak tanggal 8 April 2008 hingga 8 April 2018, memenangi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2007 dan 2013 bersama pasangannya Agus Arifin Nu'mang.

Kehidupan Pribadi

Syahrul Yasin Limpo dikeluarga dikenal dengan nama Daeng Kawang adalah anak kedua dari pasangan Muh. Yasin Limpo dengan Nurhayati Yasin Limpo

Riwayat Pendidikan

Syahrul memulai pendidikannya di SD Negeri Mangkura Makassar, dia masuk pada tahun 1961 dan lulus pada tahun 1967. Seusai lulus pendidikan dasar, dia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 6 Makassar.

Setelah menyelesaikan pendidikanya di SMP, Syahrul Yasin Limpo masuk di SMA Katolik Cendrawasih Makassar. Dia mengenyam pendidikan hingga tahun 1973.

Setelah lulus SMA, Syahrul Yasin Limpo melanjutkan pendidikannya dengan memilih kuliah di Universitas Hasanuddin Makassar di Fakultas Hukum.

Selama kuliah ia aktif sebagai pemimpin redaksi buletin mahasiswa Fakultas Hukum Unhas bernama Justisi. Syahrul Yasin Limpo meraih gelar sarjana hukumnya pada 1983.

Kemudian, mengambil pendidikan masternya di Pasca Sarjana LAN (Lembaga Administrasi Negara) tahun 1999. Dia melanjutkan pendidikan master ilmu hukumnya di Universitas Hasanuddin serta pendidikan doktor di kampus yang sama.

Pengalaman Organisasi

Sekretaris DPP KNPI Sulsel (Tahun 1990–1993)

Ketua DPP AMPI Sulsel (Tahun 1993–1998)

Sekretaris DPP Golkar Sulsel (Tahun 1993–1998)

Wakil Ketua APKASI Pusat

Ketua FKPPI Sulsel (Tahun 2004–2008)

Ketua FORKI Sulsel (Tahun 2004–2008)

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka (Tahun 2004–sekarang)

Ketua Kosgoro 57 (Tahun 1998)

Ketua ORARI Sulsel

Ketua DPD I Golkar Sulsel (Tahun 2009–2018)

Ketua DPP Partai NasDem (Tahun 2018-sekarang)

Pengalaman Pekerjaan

Pegawai Negeri Sipil Tahun 1980

Kepala Seksi Tata Kota Tahun 1982

Kepala Sub Bagian Perangkat IV & V PD. Biro Pemerintahan Umum Tahun 1983

Kepala Wilayah Kecamatan Bontonompo, Gowa Tahun 1984

Kepala Bagian Pemerintahan Setwilda Tk. I Sulsel Tahun 1987

Kepala Bagian Pembangunan Setwilda Tk. I Sulsel Tahun 1988

Kepala Bagian Urusan Generasi Muda & OR Setwilda Tk. I Sulsel Tahun 1989

Sekretaris Wilayah Daerah Tk. II Kabupaten Gowa Tahun 1991

Kepala Biro Humas Setwilda Tk. I Tahun 1993

Bupati Kabupaten Gowa Tahun 1994–2002

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2003–2008

Gubernur Sulawesi Selatan 2008–2018[2]

Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju 2019-sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper