Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Bisnis Kaesang yang Rontok Sebelum Maju Pilwakot Depok

Ternyata sejumlah bisnis Kaesang Pangarep sempat rontok sebelum menyatakan siap maju di Pilwakot Depok.
Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, memberikan klarifikasi soal kesiapan dirinya menjadi calon Walikota Depok, Jawa Barat. Dok. Youtube Kaesang Pangarep.
Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, memberikan klarifikasi soal kesiapan dirinya menjadi calon Walikota Depok, Jawa Barat. Dok. Youtube Kaesang Pangarep.

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum dihebohkan dengan kabar Kaesang yang terjun ke dunia politik hingga menyatakan siap maju di Pilwakot Depok, sosoknya memang dikenal sebagai seorang pengusaha dengan jaringan bisnis yang cukup luas.

Sebelumnya, anak ketiga Presiden Jokowi tersebut, yakni Kaesang mengonfirmasi soal kesiapan dirinya untuk menjadi calon Wali Kota Depok.

"Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya, insyaallah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama," kata Kaesang dalam video di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat dikutip, Sabtu (10/6/2023).

Namun, seperti halnya dalam dunia bisnis, tidak semua usahanya berjalan dengan sukses. Sebagaimana kebanyakan pengusaha lainnya, Kaesang juga mengalami kegagalan dalam beberapa bisnisnya.

Daftar Bisnis Kaesang yang Rontok:

1. Madhang

Kaesang juga membesut sebuah aplikasi yang menjembatani ibu-ibu jago masak dengan pembeli demi membantu banyak ibu rumah tangga agar mandiri secara finansial. Madhang diluncurkan pada 11 Desember 2017 ini bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak beroperasi lagi. Pasalnya, Februari 2020 menjadi unggahan terakhir dari akun Madhang tersebut. Bahkan, banyak pihak yang mempertanyakan kelanjutan dari aplikasi ini. “Permisi, aplikasinya diteruskan atau tidak mas @kaesangp?” tanya salah satu warganet

"Tolong dong dana di aplikasi saya tidak kembali. Aplikasi tidak bisa dibuka,DM di IG tidak pernah di balas,kontak CS di WA juga tidak aktif, website tidak ada. Gimana ini uang saya di aplikasi tidak balik. Tolong dong @madhang.id,” tulis warganet lainnya. 

2. Siapmas

Pada Agustus 2019 Kaesang Pangarep bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka membentuk brand Siapmas. Siapmas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, yakni Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink. Produk-produk ini dipasarkan melalui minimarket ritel.

Sayangnya, hasil penelusuran Bisnis menemukan bisnis ini sudah lama tidak aktif, unggahan terakhirnya pun pada 3 Oktober 2020. 

3. Ternakopi

Kaesang juga melebarkan bisnis dengan menjajal bisnis kopi bersama dengan sang kakak pertamanya yakni Gibran Rakabuming Raka.

Sayangnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep mengatakan bisnis Ternakopi yang dikelolanya telah tutup.

Dia menyebut produk kopinya tersebut tidak laku di pasaran. Kaesang mengungkapkan Ternakopi awalnya memiliki sekitar 40 outlet sebelum pandemi Covid-19.

4. Sang Javas

Melansir dari Bisnis.com, sebelum merintis Sang Pisang, Kaesang Pangarep lebih dulu membangun bisnis Sang Javas pada Agustus 2017. Meski brand Kaesang sempat bergabung dengan outlet kaus brand lokal, TRUZ pada 2018 silam. 

Namun, hasil dari pantauan Bisnis.com memperlihatkan, bisnis ini tidak aktif lagi. Terbukti dari akun Instagram bisnis yang terakhir memposting pada Agustus 2020 dan website sangjavas.com hingga marketplace-nya pun tidak bisa diakses. 

5. Hompimpa Games

Berdiri sejak Juli 2017, Hompimpa Games merupakan perusahaan pengembang board game dan card game yang fokus pada konten Nusantara. 

Sayangnya, sebagi usaha yang berupaya merealisasikan ide-ide kreatif para game designer dan game developer ini tidak berkembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper