Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang Agar Dilirik HRD

Cover letter merupakan salah satu dokumen yang harus disiapkan sebelum melamar kerja. Berikut ini contoh cover letter untuk melamar kerja atau magang.
Contoh Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang Agar Dilirik HRD (pexels)
Contoh Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang Agar Dilirik HRD (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA - Cover letter atau surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting pada saat melamar suatu pekerjaan selain CV, ijazah, dan sebagainya.

Penulisan dan isi cover letter yang menarik dapat menjadi salah satu faktor yang membuatmu diterima di perusahaan tersebut. Lalu bagaimana contoh cover letter bahasa Indonesia yang menarik?

Contoh Cover Letter Lamaran Kerja

Contoh cover letter Indonesia ini cocok untuk fresh graduate. Bagi Anda yang baru saja lulus dari sekolah atau universitas akan lebih baik untuk mencantumkan pengalaman, pengetahuan, serta beberapa skill yang dikuasai sesuai dengan perusahaan tempat melamar pekerjaan. Berikut contoh cover letter fresh graduate tersebut.

Subjek email: Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Staff Mekanik-Jaka Subaka

Dengan hormat Bapak/Ibu Manager HRD PT. Jenderal Otomotif,

Berdasarkan pada informasi lowongan pekerjaan yang tertera pada platform lowongan pekerjaan, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar di perusahaan Anda dengan posisi Staff Mekanik.

Saya adalah lulusan SMK Negeri Grendeng Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif tahun 2019. Dengan latar belakang pendidikan saya tersebut, saya meyakini bahwa saya memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi Staff Mekanik. Saya memiliki keterampilan dalam memperbaiki kelistrikan kendaraan roda empat dan roda dua, serta pengecekan mesin dan kondisi kendaraan. 

Saya memiliki pengalaman magang atau Praktik Kerja Lapangan di Bengkel Resmi Dealer Kendaraan Yanda Grendeng selama 6 bulan. Pada kesempatan tersebut saya belajar mengenai perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor, serta kerjasama tim dan ilmu komunikasi dengan konsumen baik itu mengkomunikasikan kondisi kendaraan dan keperluan untuk perawatan atau service kendaraan.

Bersama email ini juga saya lampirkan beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae terbaru
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC Transkrip Nilai Sekolah
  • Surat Keterangan Selesai Magang

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya tulis sebagai bahan pertimbangan Anda lebih lanjut.

Apabila Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio maupun informasi lainnya, silahkan menghubungi saya pada nomor +6282xxxx.

Saya harap dapat bertemu secara langsung dengan Anda pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut .

Hormat saya,

Jaka Subaka

Contoh Cover Letter Magang

Sedikit berbeda dengan contoh cover letter fresh graduate, cover letter magang biasanya lebih singkat dan to the point. Di bawah ini ada contoh cover letter singkat untuk keperluan magang.

Grendeng, 20 Juli 2019

Hal: Permohonan Magang

Kepada Yth.,

Manajer Human Resource Development

PT Jenderal Automotif

Jl. Kampus Agustus No.17

Grendeng Barat

Dengan hormat,

Saya, Jaka Subaka merupakan siswa kelas 12 SMK Negeri Grendeng Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif. Pada semester ini saya diwajibkan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di salah satu perusahaan. 

Oleh karena itu saya mengirimkan surat permohonan magang ini kepada bapak/ibu. Saya bermaksud untuk melaksanakan magang pada bagian perbaikan kendaraan roda empat karena bagian tersebut sesuai dengan jurusan yang saya dapatkan saat ini.

Saya berusia 17 tahun. Dengan pengalaman berorganisasi yang pernah saya ikuti di sekolah, saya meyakini bahwa saya dapat bekerjasama dalam sebuah tim, memiliki disiplin yang tinggi, bekerja keras, komunikatif, serta dapat beradaptasi di lingkungan yang baru.

Bersama dengan surat ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, transkrip nilai, pas foto terbaru, dan dokumen lain yang sekiranya diperlukan.

Besar harapan saya, permohonan magang ini dapat dipertimbangkan oleh Bapak/Ibu.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Demikianlah beberapa contoh cover letter yang dapat Anda jadikan referensi dalam menulis surat lamaran kerja maupun magang. Selain cover letter bahasa Indonesia, Anda juga bisa menuliskan cover letter dalam bahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper