Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erdogan Menang Pilpres Turki: Banjir Ucapan Selamat, dari Putin hingga Biden

Beberapa pemimpin negara di dunia memberikan ucapan selamat ke Erdogan atas kemenangan di pilpres Turki. 
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Reuters
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin negara di dunia telah mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah memenangkan pemilihan presiden (pilpres) putaran kedua. 

Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi Ahmet Yener menyatakan hasil perhitungan resmi bahwa Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki dengan 52,14 persen suara, pada Minggu (28/5/2023). 

Melansir Aljazeera, berikut adalah beberapa reaksi dari pemimpin negara lain dan organisasi lainnya di dunia atas kemenangan Erdogan dalam pilpres: 

1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengucapkan selamat kepada Erdogan atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Turki. 

“Dia berharap untuk lebih memperkuat kerja sama antara Turki dan PBB,” kata juru bicara Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan.

2. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden

Presiden AS Joe Biden dan diplomat top Antony Blinken telah mengirimkan ucapan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya.

"Saya berharap untuk terus bekerja sama sebagai sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagai tantangan global,” kata Biden di Twitter. 

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga menyebut Turki sebagai “sekutu dan mitra NATO yang berharga.”

“Saya menantikan kerja sama berkelanjutan kami dengan pemerintah yang dipilih oleh rakyat Turki,” kata Blinken. 

Selain itu, dia juga memuji tingkat partisipasi yang tinggi dan tradisi demokrasi yang panjang di negara itu, pada Minggu (28/5/2023). 

3. Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kemenangan Erdogan adalah bukti bahwa rakyat Turki menghargai pekerjaan tanpa pamrih dan kebijakan luar negerinya yang independen.

“Kemenangan pemilu adalah hasil alami dari kerja tanpa pamrih Anda sebagai kepala Republik Turki, bukti nyata dukungan rakyat Turki atas upaya Anda memperkuat kedaulatan negara dan menjalankan kebijakan luar negeri yang independen,” kata Putin dalam sebuah pesan.

Putin mengatakan keinginannya untuk memperkuat hubungan persahabatan Rusia-Turki dan kerja sama di berbagai bidang. 

“Kami sangat menghargai kontribusi pribadi Anda untuk memperkuat hubungan persahabatan Rusia-Turki dan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang,” lanjutnya.

4. Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani berharap Presiden Reccep Tayip Erdogan sukses dalam masa jabatan barunya.

5. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya di pilpres putaran kedua.

Dia mengatakan harapannya dalam penguatan kemitraan strategis untuk kepentingan negara bersama, serta penguatan kerja sama untuk keamanan dan stabilitas Eropa. 

Pemerintah Erdogan telah membeli sistem pertahanan rudal Rusia, yang mendorong AS untuk mengusir Turki dari proyek jet tempur pimpinan AS. 

Akan tetapi, Ankara juga membantu menengahi kesepakatan penting yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina dan mencegah krisis pangan global.

6. Kanselir Jerman Olaf Scholz

Saat memberikan ucapan selamat kepada Erdogan, Kanselir Olaf Scholz mencatat terjalinnya hubungan erat masyarakat dan ekonomi kedua negara. 

Dia menambahkan bahwa bersama-sama kedua negara ingin memajukan agenda bersama dengan dorongan baru. 

7. Raja Salman Arab Saudi

Penguasa Arab Saudi Raja Salman mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya kembali menjadi Presiden Turki, lapor kantor berita negara.

8. Presiden Prancis Emmanuel Macron

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Prancis dan Turki akan terus bergerak maju. Menurutnya Prancis dan Turki memiliki tantangan besar untuk dihadapi bersama. 

"Kembalinya perdamaian ke Eropa, masa depan Aliansi Euro-Atlantik kita, Laut Mediterania. Bersama Presiden Erdogan, yang saya ucapkan selamat atas terpilihnya kembali, kami akan terus maju,” tulis Macron di Twitter.

9. Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen

Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengucapkan selamat kepada Erdogan karena memenangkan pemilihan putaran kedua pada Minggu (28/5/2023). 

“Selamat @RTErdogan atas terpilihnya kembali Anda sebagai Presiden Türkiye. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda lagi untuk memperdalam hubungan UE-TR di tahun-tahun mendatang," kata Michel di Twitter. 

Sementara itu, Von der Leyen juga memberikan ucapan selamatnya ke Erdogan. 

“Saya berharap untuk terus membangun hubungan UE-Türkiye. Sangat penting secara strategis bagi UE dan Türkiye untuk bekerja memajukan hubungan ini, untuk kepentingan rakyat kami,” katanya dalam cuitan di Twitter. 

10. Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak 

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan dia berharap untuk melanjutkan kolaborasi yang kuat antara Inggris dan Turki termasuk menangani ancaman keamanan sebagai sekutu NATO. 

11. Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan

Perdana Menteri Nikol Pashinyan mengatakan dia berharap untuk bekerja menuju normalisasi penuh antara kedua negara. 

12. Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson

Perdana Menteri Ulf Kristersson menyampaikan ucapan selamatnya melalui Twitter, menekankan bahwa keamanan kedua negara adalah prioritas masa depan. 

Pemerintah Erdogan memveto tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO setelah menuduh Stockholm menyediakan tempat berlindung yang aman bagi anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Partai Persatuan Demokratik (PYD) di Suriah, yang keduanya dianggap oleh Ankara sebagai kelompok teroris. 

13. Presiden Israel Isaac Herzog 

Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan dia yakin bersama Erdogan akan terus bekerja sama untuk memperkuat dan memperluas hubungan baik antar negara. 

14. Perdana Menteri Libya Abdul Hamid Dbeibah

Perdana Menteri Libya Abdul Hamid Dbeibah menggambarkan kemenangan pemilu Erdogan sebagai pembaharuan kepercayaan rakyat Turki terhadap keberhasilan proyek dan kebijakan presiden.

Pemerintah Persatuan Nasional yang berbasis di Dbeibah didukung oleh Turki melawan pemerintah saingan yang berbasis di timur.

15. Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban memuji “kemenangan pemilu yang tidak diragukan lagi dari Erdogan!".

16. Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh memuji Erdogan dan rakyat Turki atas kemenangan pemilu mereka.

“Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Erdogan atas kemenangannya dan saya memuji sikap beradab rakyat (Turki). Kami menantikan dukungan (mereka) untuk tujuan kami dan Yerusalem kami," kata Kepala kantor politik Hamas Ismail Haniyeh. 

17. Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev memberi selamat kepada Erdogan melalui panggilan telepon dan mengundangnya ke Baku.

18. Presiden Iran Ebrahim Raisi 

Presiden Iran Ebrahim Raisi menyebut terpilihnya kembali Erdogan sebagai tanda berlanjutnya kepercayaan yang berharga dari rakyat Turki. 

“Hubungan kami dengan Turki pada tahap selanjutnya akan berlanjut atas dasar ketetanggaan yang baik dan kepentingan bersama,” tambahnya.

19. Komandan militer Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan

Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, komandan militer yang memimpin tentara Sudan melawan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF), mengucapkan selamat kepada Erdogan karena memenangkan masa jabatan baru.

20. Presiden Serbia Aleksandar Vucic

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengucapkan selamat kepada Erdogan dan rakyat Turki atas kemenangan pemilu mereka.

21. Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan dalam sebuah cuitan di Twitter bahwa pemilihan kembali Erdogan adalah yang bersejarah. 

“Dia telah menjadi pilar kekuatan bagi umat Islam yang tertindas dan suara yang kuat untuk hak-hak mereka yang tidak dapat dicabut,” katanya.

22. Presiden Venezuela Nicolas Maduro 

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan dia merayakan kemenangan saudara dan teman Erdogan.

23. Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan 

Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan termasuk di antara para pemimpin yang memberi selamat kepada Erdogan di Timur Tengah, di mana dia telah menegaskan pengaruh Turki, kadang-kadang dengan kekuatan militer.

24. Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva 

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mendoakan Erdogan masa jabatan yang baik dengan banyak pekerjaan untuk rakyat Turki.

Lula menulis di Twitter bahwa Erdogan dapat mengandalkan kemitraan Brasil dalam kerja sama global untuk perdamaian, dalam perang melawan kemiskinan dan untuk pembangunan dunia. 

25. Perdana Menteri sementara Afganistan Maulvi Abdul Kabir

Perdana Menteri sementara Afganistan Maulvi Abdul Kabir mengucapkan selamat ke Erdogan karena memenangkan pemilu. 

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Erdogan karena memenangkan pemilihan Turki dan terpilih sebagai presiden Turki," katanya. 

26. Menteri Luar Negeri Malta Ian Borg

"Selamat yang tulus atas kemenangan penting ini bagi Presiden Erdogan," kata Ian Borg. 

27. Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune

Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune mengucapkan selamat kepada Erdogan karena memenangkan masa jabatan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper