Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Paling Efektif dan Elemen Pentingnya

Dalam membuat iklan lowongan pekerjaan terdapat beberapa elemen yang harus ada. Berikut elemen dan contoh iklan lowongan pekerjaan yang baik dan efektif.
Iklan lowongan pekerjaan/Freepik
Iklan lowongan pekerjaan/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam mencari dan menemukan kandidat yang berkualitas serta kompeten tentunya tidak mudah. Untuk menarik perhatian para pelamar, kamu juga harus membuat contoh iklan lowongan pekerjaan yang detail dan jelas. Cara membuat iklan lowongan pekerjaan juga tidak bisa sembarangan. 

Iklan lowongan kerja merupakan sebuah informasi yang disampaikan oleh pihak perusahaan atau perorangan dengan niat merekrut atau mengajak kerja atau Kerjasama dengan memperoleh imbalan. Tanpa melalui iklan atau pemasaran untuk melakukan perekrutan karyawan akan sulit 

Iklan Lowongan Pekerjaan

Elemen Penting Iklan Lowongan Pekerjaan

  • Informasi perusahaan kamu 
    Kamu harus memastikan informasi perusahaan kamu termuat dalam iklan lowongan pekerjaan. Hal ini sering dilupakan banyak recruiter padahal satu hal sederhana ini sangat penting. 
  • Deskripsi pekerjaan 
    Jika kamu membuat lowongan pekerjaan untuk divisi tertentu, buatlah diskusi mengenai deskripsi pekerjaan di posisi ini. kamu mungkin juga bisa menanyakan, target apa yang tim inginkan untuk kandidat kemudian. 
  • Spesifikasi pekerjaan 
    Kandidat yang melihat lowongan kamu juga akan bisa menyesuaikan kemampuan mereka. Jika kamu tidak mencantumkan level atau tingkat expertise yang kamu inginkan dalam posisi ini, kamu mungkin akan menyortir terlalu banyak lowongan. 
  • Kompensasi 
    Kamu tidak perlu mencantumkan jumlah gaji yang kamu tawarkan. Namun, kamu bisa membuat iklan lowongan pekerjaan kamu lebih menarik dengan sedikit deskripsi mengenai benefit yang perusahaan kamu tawarkan untuk kandidat. 

Tips Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan

  • Buat judul yang menarik 
    Contohnya seperti jika kamu membutuhkan seseorang untuk mengisi posisi penulis di website perusahaan, menggunakan ‘Penulis Website’ akan menjadi iklan lowongan pekerjaan yang membosankan. 
  • Tampilkan deskripsi perusahaan 
    Apakah perusahaan kamu bergerak di bidang fintech? Atau aplikasi belanja online? Atau kamu membutuhkan seorang kandidat untuk toko fashion dari yang sedang kamu kembangkan. Kamu juga bisa menuliskannya sebelum kamu mendeskripsikan job description. 
  • Apakah ini pekerjaan remote? 
    Setelah tren working from home banyak pada masa pandemi, banyak kandidat yang menjadi bingung apakah lowongan yang kamu tawarkan merupakan bagian pekerjaan yang mengharuskan mereka hadir di kantor atau pekerjaan ini bisa dilakukan dengan jarak jauh. 
  • Mencantumkan deskripsi pekerjaan 
    Menyertakan job description yang sesuai menjadi hal yang sangat penting. Hindari untuk melakukan copy paste deskripsi pekerjaan yang ada di internet. Melainkan, sesuaikan dengan skill yang perlu dipenuhi kandidat untuk perusahaan kamu. 
  • Menonjolkan employer branding 
    Di beberapa portal lowongan pekerjaan, pencari kerja akan memusatkan perhatian pada lowongan di perusahaan yang memiliki reputasi bagus dibandingkan iklan dari perusahaan dengan brand yang kurang bagus. 

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

iklan lowongan pekerjaan
iklan lowongan pekerjaan

iklan lowongan kerja
iklan lowongan kerja


Itulah beberapa hal mengenai contoh iklan lowongan pekerjaan yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper