Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Jaring 457 Organisasi Relawan Ganjar, Tunggu Pendukung Jokowi Merapat

Sebanyak 457 organisasi relawan diklaim telah mendukung bakal calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
Ganjar Pranowo menjadi sasaran swafoto pengunjung CFD saat lari pagi di Gelora Bung Karno, Minggu (30/4/2023) pagi. /Bisnis-Akbar Evandio
Ganjar Pranowo menjadi sasaran swafoto pengunjung CFD saat lari pagi di Gelora Bung Karno, Minggu (30/4/2023) pagi. /Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan atau PDIP mengklaim sebanyak 457 organisasi relawan mendukung bakal calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Data tersebut dihimpun oleh Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 (TKRPP) PDIP, per Kamis (11/5/2023), pukul 17.05 WIB.

Sebanyak 457 organ relawan itu disebut terbentuk setelah diumumkannya Ganjar sebagai bacapres yang diusung PDIP pada 21 April lalu. 

Namun demikian, jumlah tersebut diklaim masih di luar data ratusan organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berencana untuk mendukung Ganjar pada 2024. 

"Mayoritas organ pendukung Pak Jokowi sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kita, dan sebagian besar sudah memasukkan datanya," jelas Sekretaris TKRPP PDIP Deddy Sitorus pada konferensi pers di Jakarta, Jumat (12/5/2023). 

Deddy menjelaskan alasan mengapa baru 457 organ relawan pendukung Ganjar yang baru mendaftarkan diri ke TKRPP, karena organ pendukung Jokowi pada dua Pemilu sebelumnya banyak yang sudah bubar, merger, dan lain-lain. 

Oleh karena itu, pendataan masih dilakukan oleh tim koordinator relawan. Pendaftaran untuk organ relawan pendukung Ganjar pada Pilpres 2024 itu nantinya akan dibuka hingga 29 Oktober 2023. 

Salah satu alasan lain mengapa banyak organ relawan Jokowi yang belum mendaftarkan diri lantaran disebut masih wait and see terkait dengan cawapres yang akan disandingkan dengan Ganjar. 

"Banyak juga sifatnya yang masih menunggu karena menunggu lengkap pasangan capres dan cawapres. Dan perlu juga kita ingat bahwa jumlah relawan pak Jokowi kemarin itu juga banyak relawan yang sifatnya temporer, setelah pemilu mereka juga banyak yang membubarkan diri," jelas Deddy.

Anggota DPR itu juga mengatakan bahwa terdapat 70 organisasi relawan Jokowi yang ukurannya cukup besar. Dia menyebut mayoritas dari mereka sudah berkomunikasi dengan PDIP mengenai arah dukungan pada Pilpres 2024.

"Saya percaya dan yakin bahwa setidaknya hampir mendekati 90 persen itu sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kita," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TKRPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan jumlah organ relawan yang mendaftarkan diri ke tim koordinasi relawan bakal bertambah. '

Saat ini, TKRPP masih akan melakukan supervisi atas syarat-syatat bagi organ relawan yang ingin mendaftar. Beberapa syarat tersebut di antaranya untuk menentukan seperti apa segmentasi pemilih yang akan menjadi fokus untuk memenangkan Ganjar pada 2024. 

"Misalnya, menentukan segmentasi target pemilih apa yang akan dicapai. Apakah milenial, petani, buruh, nelayan, dan lain-lain," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper