Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Tamu Undangan Penobatan Raja Charles III, Besok 6 Mei 2023

Besok 6 Mei 2023 raja Charles III akan dinobatkan sebagai raja, siapa saja tamu undangannya?
Raja Charles/twitter Royal Family
Raja Charles/twitter Royal Family

Bisnis.com, JAKARTA - Upacara penobatan Raja Charles III akan digelar besok, 6 Mei 2023 dan akan menjadi peristiwa bersejarah yang disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Tetapi, upacara sakral ini hanya disaksikan secara langsung oleh sejumlah tamu terpilihi.

Meskipun daftar tamu penobatan terakhir belum diumumkan oleh pemerintah Inggris, beberapa tamu telah dikonfirmasi.

Upacara di Biara Westminster kuno London akan dihadiri oleh anggota keluarga kerajaan, pejabat asing, politisi, dan bahkan beberapa anggota masyarakat.

Pada penobatan terakhir seorang raja Inggris, Ratu Elizabeth II pada tahun 1953, sekitar 8.000 orang memadati biara untuk menyaksikan upacara tersebut.

Sementara itu, dalam penobatan Raja Charles hanya akan dihadiri sekitar 2.000 tamu undangan.

Jadi, siapa yang mendapat undangan dan siapa yang tak diundang?

William, Harry dan keluarga lainnya

Hampir semua keluarga kerajaan Inggris telah diundang ke upacara penobatan. Itu termasuk, tentu saja, putra tertua raja dan berikutnya dalam garis suksesi kerajaan, William, Pangeran Wales. Istrinya Katherine, Putri Wales, juga akan hadir, begitu juga anak-anak pasangan itu.

Anak tertua William dan Kate, Pangeran George dari Wales, tidak hanya akan ada di sana, tetapi juga akan menjadi calon raja termuda dia penerus tahta setelah ayahnya - untuk memainkan peran resmi dalam upacara penobatan sebagai satu halaman.

Dia akan membantu mengantarkan kereta panjang jubah kakeknya ke lorong Westminster Abbey selama persidangan.

Adik laki-laki William, Pangeran Harry, Duke of Sussex, akan menghadiri penobatan Raja Charles, dia mengkonfirmasi pada bulan April setelah berminggu-minggu spekulasi.

Istrinya, Meghan, Duchess of Sussex, tidak akan menghadiri upacara tersebut.

Saudara-saudara Raja Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, juga diharapkan hadir pada upacara penobatan.

Mantan istri Pangeran Andrew, Sarah Ferguson, Duchess of York, telah mengkonfirmasi secara terbuka bahwa dia tidak akan menghadiri upacara penobatan.

Para pemimpin dan pejabat asing

Anggota keluarga kerajaan lain dari seluruh Eropa dan seluruh dunia juga diyakini telah diundang.

Perdana Menteri Inggris saat ini Rishi Sunak dikabarkan diundang, bersama dengan setidaknya beberapa menteri kabinetnya.

Kepala negara asing, terutama sekutu utama Inggris dan anggota Persemakmuran Inggris, juga telah diundang, termasuk para pemimpin dari Eropa dan Presiden AS Biden.

Biden dilaporkan tidak akan hadir dan diwakilkan oleh istrinya Jill Biden.

Kantor Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengkonfirmasi pada hari Kamis bahwa dia akan menghadiri penobatan secara langsung.

Menteri Skotlandia, Humza Yousaf, dan pemimpin Sinn Féin di Irlandia Utara, Michelle O'Neill, juga dilaporkan telah menerima undangan.

Raja juga meminta tamu lain diundang seperti pemimpin Pribumi Amazon Uyunkar Domingo Peas dan Atossa Soltani, raja Ashanti dari Ghana, Otumfuo Osei Tutu II, dan pemimpin Pribumi Kanada Kepala Roseanne Archibald, Natan Obed dan Cassidy Caron.

Selebriti

Beberapa selebriti juga akan menjadi tamu undangan dalam penobatan tersebut.

Diantaranya presenter TV Anthony McPartlin dan Declan Donnelly, penyanyi-penulis lagu Amerika Lionel Richie, pemimpin redaksi British Vogue, Edward Enninful, dan Jay Blades dari The Repair Shop.

Rakyat biasa

Mendobrak tradisi, Raja Charles juga ingin mengundang anggota masyarakat yang ikut  melayani komunitasnya melalui kegiatan sukarela atau berkontribusi dalam pekerjaan amal.

Lebih dari 1.250 sukarelawan dan kaum muda diundang untuk menghadiri upacara penobatan atau acara-acara di sekitarnya. Istana Buckingham juga telah mengonfirmasi bahwa 450 "pahlawan COVID", yang membantu Inggris mengatasi pandemi, telah diundang untuk menghadiri kebaktian secara langsung di Westminster Abbey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper