Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Minta Pemda Lampung Segera Perbaiki Jalan atau Diambil Alih PUPR

Presiden Jokowi menginstruksikan dengan keras agar Pemda Lampung dapat segera menyelesaikan perbaikan jalan dan jika tak mampu akan diambil alih PUPR
Jokowi Minta Pemda Lampung Segera Perbaiki Jalan Atau Diambil Alih PUPR. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek langsung kondisi infrastruktur jalan yang mengalami rusak parah di Provinsi Lampung dalam kunjungan kerja (kunker) pada hari ini, Jumat (5/5/2023)./Istimewa
Jokowi Minta Pemda Lampung Segera Perbaiki Jalan Atau Diambil Alih PUPR. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek langsung kondisi infrastruktur jalan yang mengalami rusak parah di Provinsi Lampung dalam kunjungan kerja (kunker) pada hari ini, Jumat (5/5/2023)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung untuk segera menyelesaikan permasalahan jalan rusak di wilayahnya.

Jokowi pun secara terbuka menyatakan pemerintah pusat bisa menangani langsung perbaikan jalan rusak apabila kepala daerah memang tidak bisa melakukannya.

"Secepat-cepatnya dimulai. Apabila Provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh kementerian PUPR, utamanya yang jalannya rusak parah,” tuturnya.

Sekadar informasi, ruas jalan pertama yang ditinjau Presiden Ke-7 RI dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada pukul 10.30 WIB, adalah Jalan Terusan Ryacudu Kabupaten Lampung Selatan.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun menyayangkan masih adanya infrastruktur penghubung antarkota, antarkabupaten, dan provinsi yang diabaikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), padahal fungsi dari jalan salah satunya dia nilai dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

“Ini [di pasar] kami melihat melihat inflasi, melihat harga-harga tetapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan, karena ini menjadi kunci. Biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang dimiliki,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Negara mengamini bahwa rencananya mengunjungi Lampung adalah untuk membuktikan video viral berjudul ‘Alasan Lampung Enggak Maju-Maju’ yang diunggah akun TikTok @awbimaxreborn menjadi viral. Diketahui pemilik pengunggah video itu, Bima Yudho Saputro kini sedang kuliah di Australia.

“Ini kita harus mengetahui manfaat infrastruktur ada di sana. Dan, saya memang mau memastikan dan melihat betul apakah yang ada di video di media sosial itu benar atau tidak,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, dalam unggahan akun TikTok @awbimaxreborn, Bima memberikan beberapa alasan yang menurutnya menjadi faktor Lampung tidak maju. Salah satunya banyak proyek di Lampung yang mangkrak seperti Kota Baru. Padahal proyek tersebut telah menghabiskan dana pemerintah miliaran rupiah.

Tak hanya itu, seorang Advokat dan Penasehat Hukum, Ghinda Ansori Wayka-Thamaroni Usman melaporkan Bima ke Polda Lampung atas dugaan penyebaran konten hoaks. Keluarga Bima juga diduga diintimidasi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa orang nomor satu di Indonesia tersebut akan meninjau sebanyak 3 titik ruas jalan yang dikabarkan rusak.

“Ya besok, hari Rabu (3/5/2023) besok rencananya mau ke sana Lampung. Jadi, [Presiden akan tinjau] ruas-ruas jalan daerah, bukan nasional yang dikeluhkan oleh masyarakat segara kami lihat. Ditinjau, nanti kalau bisa kita kerjakan segera kami kerjakan,” tuturnya saat dikonfirmasi wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (2/5/2023).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengamini bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek langsung kondisi infrastruktur jalan yang mengalami rusak parah di Provinsi Lampung dalam kunjungan kerja (kunker) pada hari ini, Jumat (5/5/2023).

“Menjawab pertanyaan warganet, apakah kami meninjau jalanan di Lampung, jawabannya iya, pasti. Memang itu tujuannya ke sini,” tulisnya dikutip melalui akun twitter @erickthohir, Jumat (5/5/2023).

Tak hanya itu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (Ketum PSSI) ini juga membagikan sejumlah unggahan dari kondisi jalan di ITERA-Purwotani yang penuh dengan genangan air, jalan yang tidak rata, dan beberapa lubang besar yang dapat membahayakan keselamatan pengendara.

“Beginilah kondisi jalanan ITERA-Purwotani di wilayah perbatasan Bandar Lampung,” ujar Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper