Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak 1.083 Peserta Mudik Gratis Kemenhub Tiba di Jakarta Hari Ini

Peserta program mudik gratis naik kapal yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.
Ilustrasi/JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 1.083 peserta program mudik gratis naik kapal yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Rabu (26/4/2023).

Para peserta menaiki Kapal KM Dobonsolo bersama dengan 418 sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang pada Selasa, 25 April2023 pada pukul 16.00 WIB, dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Rabu, 26 April 2023 pada pukul 08.00 WIB.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menuturkan program mudik gratis yang diselenggarakan pihaknya ini membantu mengurangi angka kecelakaan pemudik di jalan raya.

“Alhamdulillah kapal tiba dengan selamat. Ikut mudik gratis naik kapal, perjalanan lebih lancar dan nyaman daripada mudik menggunakan sepeda motor, dan juga bisa mengurangi resiko kecelakaan,” kata Novie dalam keterangan resmi pada Rabu (26/4/2023).

Novie menyebut pihaknya berencana akan melanjutkan program mudik gratis menggunakan kapal laut ini setiap tahun.

Berdasarkan data sementara Kemenhub, dari tiga keberangkatan kapal yang meliputi dua keberangkatan arus mudik dan satu kali keberangkatan arus balik, tercatat jumlah realisasi penumpang sebanyak 4.167 orang dan sepeda motor sebanyak 1,713 unit.

Rinciannya, untuk arus mudik, pada Sabtu, 15 April 2023 total realisasi jumlah peserta yang diberangkatkan sebanyak 1.145 orang dan 479 unit sepeda motor. Lalu pada Senin, 17 April 2023 sebanyak 1.939 orang dan 816 unit sepeda motor. 

Sedangkan untuk arus balik, pada Selasa, 25 April 2023 sebanyak 1.083 orang dan 418 unit sepeda motor. 

Kemenhub masih akan melayani satu kali keberangkatan mudik balik gratis naik kapal yang akan diberangkatkan pada Jumat, 28 April 2023 mendatang, dari Semarang menuju Jakarta.

Adapun total kuota yang disediakan dari empat keberangkatan kapal pada program mudik gratis tahun ini sebanyak 5.000 unit sepeda motor dan 10.000 penumpang. Dari total kuota yang disediakan, jumlah total pendaftar mencapai 8.346 orang dan 3.715 motor.

Turut hadir pada acara penyambutan pemudik arus balik di Tanjung Priok, Direktur Staf Ahli Bidang Kawasan dan Lingkungan Kemenhub Antoni Arif Priadi, KPLP Rivolindo, Direktur Kenavigasian Budi Mantoro, serta Kepala OP Utama Tanjung Priok Subagiyo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper