Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG Rilis Prediksi Indeks Sinar UV 26 April 2023, Paparan Tertinggi Terjadi Pukul 11.00 WIB

BMKG merilis prediksi indeks ultraviolet (UV) sinar matahari untuk besok, Rabu (25/4/2023). Paparan tertinggi diprediksi terjadi pukul 11.00 WIB.
Suhu panas
Suhu panas

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG merilis prediksi indeks ultraviolet (UV) sinar matahari untuk besok, Rabu (25/4/2023).

Sebagai informasi, Indeks UV merupakan angka tanpa satuan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar ultraviolet yang berkaitan dengan kesehatan manusia.

Indeks UV ini dibagi dalam beberapa kategori. Untuk skala hijau dengan Indeks UV di angka 0-2 termasuk dalam kategori ‘Low’ atau risiko bahaya rendah. Kuning dengan Indeks UV 3-5 masuk dalam kategori ‘Moderate’ atau risiko baya sedang.

Lalu Oranye dengan Indeks UV 6-7 masuk dalam kategori ‘High’ atau risiko bahaya tinggi, Merah dengan Indeks UV 8-10 masuk dalam kategori ‘Very High’ atau risiko bahaya sangat tinggi, dan Ungu dengan Indeks UV di atas 11 termasuk dalam kategori ‘Extreme’ atau risiko bahaya sangat ekstrem.

Dalam informasi yang diunggah melalui akun Instagram resmi @infobmkg, Selasa (25/4/2023), Indeks UV berada pada kategori low di pagi hari atau pukul 06.00 WIB. Meski tingkat bahaya tergolong rendah bagi banyak orang, masyarakat diimbau untuk menggunakan tabir surya SPF 30+ bagi mereka dengan kulit sensitif.

Indeks UV mulai berada pada kategori moderate pada pukul 07.00 WIB, yang dimulai dari wilayah Papua, lalu menjalar ke wilayah Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, dan sebagian wilayah Kalimantan pada pukul 08.00 WIB. Di saat yang bersamaan, Indeks UV kategori very high mulai terjadi di wilayah Papua.

Pada kondisi ini, diusahakan untuk tidak berlama-lama dibawah paparan matahari dan selalu menggunakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV pada saat berada di luar ruangan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya SPF 30+setiap 2 jam, bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat.

Paparan sinar UV ekstrem diprediksi akan terjadi mulai pukul 10.00 WIB, di mana seluruh wilayah Indonesia berada dalam kategori high hingga extreme.

Lalu pada pukul 12.00 WIB, sebagian besar wilayah barat Indonesia masih berada dalam kategori high hingga extrem, sementara Indeks UV di beberapa titik berada dalam skala hijau atau low.

Paparan UV mulai masuk dalam skala hijau pada pukul 14.00 WIB, yang dimulai dari wilayah Papua, dan menjalar ke wilayah tengah Indonesia.

Sementara untuk wilayah barat Indonesia, baru akan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dan akan berlalu dari wilayah Indonesia pada pukul 17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper