Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Hanya Indonesia, Muslim Singapura dan Malaysia Rayakan Idulfitri Hari Ini

Tak hanya Indonesia, Muslim Singapura dan Malaysia juga merayakan Idulfitri 1444 H pada hari ini, Sabtu, 22 April 2023.
Tak Hanya Indonesia, Muslim Singapura dan Malaysia Rayakan Idulfitri Hari Ini / Freepik
Tak Hanya Indonesia, Muslim Singapura dan Malaysia Rayakan Idulfitri Hari Ini / Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Mufti Singapura Nazirudin Mohd Nasir mengatakan bahwa umat Islam di Singapura merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah pada hari ini, Sabtu (22/4/2023). 

Dia mengatakan bahwa bulan Ramadan di Singapura dijalani oleh umat muslim di negara itu selama 30 hari. 

Nazirudin dalam pernyataannya mengatakan bahwa menurut perhitungan astronomi bulan sabit di bulan Syawal Islam tidak muncul setelah matahari terbenam pada hari ke-29 bulan Islam Ramadan, pada Kamis (20/4/2023).

Menurutnya, Itu menandakan bahwa Hari Raya Puasa atau yang dikenal dengan Hari Raya Idulfitri jatuh pada Sabtu (22/4/2023). 

“Oleh karena itu, dengan senang hati saya umumkan bahwa hari pertama Syawal atau Hari Raya Idulfitri tahun 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023,” kata Dr Nazirudin, seperti dilansir dari CNA, pada Sabtu (22/4/2023). 

Dia menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri kepada seluruh umat Islam di Singapura, dan memohon maaf. 

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan 'Selamat Hari Raya Aidilfitri' kepada seluruh umat Islam di Singapura. Saya mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga komunitas Muslim kita tetap bersatu dalam mengatasi semua tantangan dengan kasih sayang dan empati," lanjutnya. 

Adapun, kondisi iklim di Singapura yang belakangan ini sering berawan membuat bulan sabit umumnya sulit untuk terlihat.

Oleh karena itu, Singapura menggunakan seperangkat kriteria yang disepakati bersama antara negara-negara MABIMS (Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) untuk menentukan bulan baru dalam kalender Islam.

Perlu diketahui, bahwa kriteria tersebut didasarkan pada lebih dari 700 titik data penampakan bulan sabit dari seluruh dunia.

Ulama itu menjelaskan bahwa dua parameter saat matahari terbenam pada tanggal 29 bulan juga dipertimbangkan terkait ketinggian bulan sabit dan tingkat pemanjangan matahari dan bulan.

Tak hanya Singapura, umat Islam di Malaysia juga merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah pada Sabtu, 22 April 2023.

Pengumuman itu disampaikan Penjaga Segel Besar Para Raja Malaysia Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad melalui siaran langsung salah satu stasiun televisi Malaysia yang diikuti dari Kuala Lumpur, Kamis.

“Sesuai dengan perintah Yang di-Pertuan Agong, setelah disetujui Yang Mulia Raja-Raja, dengan ini saya nyatakan bahwa tanggal Hari Raya Puasa telah ditetapkan pada Sabtu, 22 April 2023,” katanya dilansir dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper