Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran 2023, Pos Perbatasan Darat Singapura-Malaysia Padat

lalu lintas di pos pemeriksaan Woodlands dan Tuas diperkirakan akan mulai padat terhitung milai Kamis-Senin pekan depan.
Singapura/Pegipegi
Singapura/Pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan Singapura (ICA) memprediksi terjadinya kepadatan di pos pemeriksaan darat dengan Malaysia menjelang Hari Raya Lebaran.

Menjelang Lebaran, lalu lintas di pos pemeriksaan Woodlands dan Tuas diperkirakan akan mulai padat terhitung mulai Kamis-Senin pekan depan. Para pemudik yang ingin berangkat atau masuk dengan menggunakan mobil probadi maupun kendaraan umum disarankan untuk memperhitungkan waktu tambahan saat pemeriksaan imigrasi.

Dilansir dari Channel New Asia pada Rabu (19/4/2023), ICA mencatat arus lalu lintas yang melalui kedua pos pemeriksaan telah kembali ke tingkat sebelum wabah Covid-19 pada jam-jam sibuk.

Selama libur panjang Hari Raya Idulfitri 2018, lebih dari 1,5 juta pelancong maupun pemudik melintasi pos pemeriksaan darat, dengan rata-rata sekitar 380.000 penyeberangan per hari.

ICA menjelaskan waktu tunggu bagi para pemudik yang berangkat dengan mobil untuk melewati pos pemeriksaan darat Singapura bisa mencapai tiga jam, dan disarankan bagi para pengendara mobil juga menghadapi antrean panjang dari pos pemeriksaan Malaysia. 

Hal ini mengakibatkan antrian yang memanjang hingga ke Seletar Expressway (SLE) untuk pos pemeriksaan Woodlands dan sepanjang Ayer Rajah Expressway (AYE) untuk pos pemeriksaan Tuas.

"ICA mengantisipasi situasi lalu lintas padat yang serupa di kedua pos pemeriksaan darat menjelang dan selama akhir pekan Hari Raya Idul Fitri," kata pihak berwenang.

Tips  melakukan perjalanan darat lebih lancar dan nyaman

Pengendara disarankan untuk memeriksa situasi lalu lintas di pos pemeriksaan darat melalui situs web One Motoring milik Otoritas Transportasi Darat (LTA) atau Sistem Pemantauan & Penasihat Jalan Tol yang dipasang di sepanjang Jalan Tol Bukit Timah (BKE) dan AYE.

Pengendara juga dapat memperoleh informasi terbaru melalui akun Facebook dan Twitter ICA, serta siaran radio lokal di Money 89.3, Kiss92, One 91.3, Hao 96.3, dan UFM 100.3.

Penduduk Singapura dan pengunjung asing yang baru pertama kali bepergian dengan bus dianjurkan untuk menggunakan jalur otomatis di aula penumpang untuk menyelesaikan proses imigrasi.

Pengendara diingatkan untuk menghindari pemotongan antrian karena dapat menyebabkan kemacetan parah dan membahayakan keselamatan pengendara lain.

"Mereka disarankan untuk mematuhi peraturan lalu lintas, menjaga disiplin jalur, dan bekerja sama dengan petugas di lokasi. ICA bekerja sama dengan polisi lalu lintas untuk memastikan ketertiban jalan di persimpangan dan jalan yang mengarah ke pos pemeriksaan darat," kata ICA.

 

Mempersiapkan dokumen perjalanan secara lengkap

Para wisatawan juga diingatkan untuk memastikan bahwa paspor mereka masih memiliki sisa masa berlaku selama enam bulan. Penduduk tetap yang telah memperbarui paspor mereka harus memindahkan izin masuk kembali ke paspor yang baru.

Pemegang paspor jangka panjang, yang memiliki Paspor Kerja, Paspor S, Izin Kerja, Paspor Pelajar, Paspor Kunjungan Jangka Panjang dan Paspor Tanggungan, harus memberi tahu pihak ICA atau Kementerian Tenaga Kerja mengenai perubahan apa pun pada informasi paspor mereka.

Untuk pengunjung jangka pendek, termasuk pemegang persetujuan prinsip untuk izin kunjungan jangka panjang, mereka diharuskan untuk menyerahkan Kartu Kedatangan Singapura dengan pernyataan kesehatan dalam waktu tiga hari sebelum kedatangan mereka di Singapura.

Karena tingginya volume lalu lintas dan perjalanan harian untuk bekerja dan belajar, penduduk Singapura dibebaskan dari kewajiban menyerahkan pernyataan kesehatan jika mereka kembali ke negara ini melalui pos pemeriksaan darat. Namun, mereka harus melakukannya jika memasuki Singapura melalui pos pemeriksaan laut atau udara.

Pihak ICA menyarankan para pelancong untuk menyerahkan kartu kedatangan mereka melalui aplikasi seluler MyICA agar tidak disesatkan oleh entitas komersial dan situs web yang menyediakan layanan semacam itu dengan biaya tambahan.

Pengemudi kendaraan yang terdaftar di luar negeri yang memasuki Singapura harus memiliki Izin Masuk Kendaraan yang masih berlaku, email persetujuan LTA, dan kartu Autopass.

Persyaratan perjalanan lainnya

Pihak ICA mengingatkan para pelancong untuk tidak membawa barang-barang terlarang yang membuat proses pemeriksaan menjadi lebih lama.

"Mereka yang membawa barang yang dikenakan bea masuk atau barang yang dikontrol seperti produk tembakau harus secara proaktif melaporkannya kepada petugas kami sebelum diperiksa," kata ICA.

Para pelancong yang mengendarai mobil yang terdaftar di Singapura diingatkan untuk mematuhi aturan tiga perempat tangki. Pelanggar dapat dikenai denda hingga US$375 atau dituntut di pengadilan.

Mereka akan dikembalikan ke pos pemeriksaan, dan tidak diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka ke Malaysia. 

"ICA akan terus memfasilitasi proses pemeriksaan imigrasi dan meningkatkan pengalaman wisatawan tanpa mengorbankan keamanan. ICA meminta pengertian dan kerja sama dari para pelancong untuk bersabar, mematuhi peraturan lalu lintas, menjaga disiplin jalur, dan bekerja sama dengan petugas di tempat saat menggunakan pos pemeriksaan darat." pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper