Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagaimana Hukum Puasa Tidak Sahur? Ini Hukum dan Keutamaannya

Apakah tidak sahur boleh puasa? Karena salah satu sunah Nabi saat puasa adalah sahur. Lalu, bagaimana hukum puasa tidak sahur Simak hukumnya berikut ini.
Apa Hukum Puasa Tidak Sahur_ Ini Penjelasan Lengkapnya (freepik)
Apa Hukum Puasa Tidak Sahur_ Ini Penjelasan Lengkapnya (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Saat hendak berpuasa, kita dianjurkan untuk sahur. Perlu diketahui bahwa sahur adalah aktivitas makan dan minum sebelum subuh, sebagai bentuk persiapan berpuasa.

Sunah merupakan salah satu sunah yang jika dilakukan mendatangkan pahala. Lantas bagaimana hukum puasa tidak sahur? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Hukum Puasa Tidak Sahur

Sahur merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat puasa. Namun, apakah tidak sahur boleh puasa? Bagaimana hukum puasa tidak sahur?

Empat madzhab yakni Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali, puasa yang dilakukan tanpa sahur hukumnya tetap sah. Asalkan, tetap berniat menjalankan puasa dan menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa.

Sahur bukan rukun puasa. Sahur hanya syarat sunah yang dianjurkan ketika hendak berpuasa. Dengan demikian, tidak sahur tetap boleh berpuasa.

Meskipun demikian, tidak sahur sebelum puasa berarti meninggalkan sunah Rasul dan melewatkan keberkahan dari sahur. Selain itu, tidak sahur juga bisa membuat tubuh merasa lemas selama berpuasa. Kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Keutamaan Sahur Sebelum Berpuasa

Hukum puasa tidak sahur tetap sah, namun lebih baik jika tetap menjalankan sahur. Pasalnya, ada beberapa keutamaan sahur yang sayang untuk dilewatkan. Dikutip dari mui.or.id, berikut keutamaan sahur yang perlu dipahami.

1. Sahur Membawa Keberkahan

Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa sahur merupakan sebuah keberkahan. Adapun bunyi hadits tersebut, seperti berikut:

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

Artinya:

“Nabi ﷺ bersabda, “Bersahurlah kalian, karena di dalam sahur ada berkah.” (HR Bukhari, No 1789)

Pada hadits tersebut Rasulullah secara tegas menerangkan bahwa sahur memiliki keberkahan. Salah satu bentuk keberkahan dari sahur yang bisa kita rasakan yaitu membuat tubuh lebih kuat dan tidak lemas saat menjalankan puasa di siang hari.

2. Dianjurkan untuk Mengakhiri Sahur

Salah satu kebiasaan Rasulullah saat menjalankan ibadah puasa yaitu mengakhiri sahur. Sebagaimana hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhori.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَزَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ تَسَحَّرَا فَلَمَّا فَرَغَا مِنْ سَحُورِهِمَا قَامَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الصَّلَاةِ فَصَلَّى قُلْنَا لِأَنَسٍ كَمْ كَاانَ بَيْنَ فَرَاغِهِمَا مِنْ سَحُورِهِمَا وَدُخُولِهِمَا فِي الصَّلَاةِ قَالَ قَدْرُ مَا يَقْرَأُ الرَّجُلُ خَمْسِينَ آيَةً

Artinya:

“Dari Anas bin Malik, bahwa Nabi ﷺ dan Zaid bin Tsabit makan sahur bersama. Setelah keduanya selesai makan sahur, beliau lalu bangkit melaksanakan salat.” Kami bertanya kepada Anas, “Berapa rentang waktu antara selesainya makan sahur hingga keduanya melaksanakan sholat?” Anas bin Malik menjawab, “Kira-kira waktu seseorang membaca lima puluh ayat.” (HR Bukhari, no 547)

Selain mengikuti sunah Nabi, kebiasaan mengakhiri sahur juga membuat kita lebih energi saat puasa disiang harinya. Dengan demikian, kita bisa menjalankan aktivitas di siang hari dengan baik.

3. Membedakan Puasa Umat Islam dengan Ahlul Kitab

Ternyata sahur menjadi pembeda antara puasa umat Islam dan Ahlul Kitab. Hal tersebut tertuang dalam hadits yang berbunyi;

عَنْ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَصْلُ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ أَكْلَةُ السَّحَرِ

Artinya:

“Dari Amru bin Ash bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Perbedaan antara puasa kita dengan puasanya Ahli Kitab adalah makan sahur.” (HR Muslim, No 1836).

Itulah penjelasan seputar hukum puasa tidaks sahur. Meskipun puasa tetap sah saat tidak sahur, namun tetap dianjurkan untuk makan sahur karena hal tersebut termasuk sunah Nabi. Selain itu, sahur juga bisa membuat puasa lebih berkualitas dan tetap produktif. 

Itulah penjelasan hukum puasa tidak sahur, dan penjelasan keutamaan sahur sebelum berpuasa. Jadi kamu sudah paham saat tidak sahur apakah boleh puasa atau tidak, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper