Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komisi I DPR Buka Suara Soal Penyerangan KKB di Papua

DPR meminta pemerintah menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang menyerang prajurit TNI di Nduga.
Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno. ANTARA/Boyke Ledy Watra/am.
Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno. ANTARA/Boyke Ledy Watra/am.

Bisnis.com, JAKARTA -- Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Dave Laksono meminta pemerintah menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang menyerang prajurit TNI di Nduga, Sabtu (15/4/2023). 

Seperti diketahui, terjadi penyerangan yang dilakukan oleh KKB terhadap Satgas Yonif R 321/GT di Mugi-Mam kemarin sekitar pukul 16.30 WIT. Tim gabungan tersebut diserang saat tengah melakukan pencarian terhadap Pilot Susi Air yang disandera KKN sejak 7 Februari 2023. 

"Pemerintah dalam hal ini TNI/Polri harus terus mengejar mereka yang mendukung gerakan separatis ini. Selama dukungan logistik dan lain-lain masih mengalir, maka pemberontakan ini masih berjalan," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (16/4/2023). 

Politikus Partai Golkar itu juga menyoroti perkembangan upaya penyelamatan Pilot Susi Air Philips Marthen tersebut. Dia menilai sampai dengan saat ini belum ada tanda-tanda penyelamatan bisa dilakukan. 

"Sudah tiga bulan lebih, masih belum ada tanda-tanda bisa diselamatkan sang pilot tersebut," ujarnya. 

Dave mengatakan Komisi I DPR sudah melakukan rapat pembahasan dengan pemerintah. Namun, terdapat sejumlah permasalahan yang dinilai sangat rumit dan perlu diurai di lapangan. 

"Kita terus meminta sikap tegas dari para aparat keamanan kepada mereka yang mendukung segala macam usaha terorisme," lanjutnya. 

Menurut anak dari Mantan Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono itu, salah satu kesulitan dalam penanganan kondisi di Papua yakni mudahnya KKB untuk membaur dengan masyarakat. Hal itu, lanjutnya, membuat mereka mudah menyamar ketika pengejaran. 

Dave juga menuding KKB memainkan isu-isu sentimen Orang Asli Papua (OAP) dan pendatang, lalu memanfaatkannya untuk membuat jarak antara aparat keamanan dan masyarakat lokal. 

"Ditambah sifat-sifat koruptif dari aparatur pemda yang bertujuan mengaburkan kasus-kasus mereka dengan terus membuat suasana setempat tegang," tuturnya. 

Adapun Kepala Pusat Penerangan TNI Laksda Julius Widjojono menyebut hanya ada satu prajurit yang tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga, Papua. 

Perwira tinggi bintang dua itu menyebut pimpinan tertinggi TNI telah memerintahkan untuk tanpa ragu menindak KKB di Papua. 

"Panglima TNI memerintahkan untuk melakukan pencarian dan bantuan tempur dengan kekuatan maksimal," ucapnya pada konferensi pers, Minggu (16/4/2023). 

PENYELAMATAN PILOT SUSI AIR

Pemerintah sebelumnya menyiapkan dua strategi pembebasan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru itu. Pertama, berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penyelamatan terhadap sandera dengan pendekatan-pendekatan yang bersifat persuasif.

"Karena yang diutamakan adalah keselamatan sandera," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keaman (Polhukam) Mahfud MD, Selasa (14/2/2023).  

Kedua, melakukan komunikasi dengan pemerintah Selandia Baru untuk memantau dan mempercepat penanganan pembebasan sandera Philps Mark Merthens.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper