Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Minum Air Zam Zam, Sejarah, dan Manfaatnya

Air zam zam merupakan salah satu air yang istimewa bagi umat Islam. Berikut ini penjelasan seputar doa minum air zam zam, sejarah, dan manfaatnya.
Doa-Minum-Air-Zam-Zam(freepik)
Doa-Minum-Air-Zam-Zam(freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi umat Islam, air zam zam merupakan air yang istimewa karena memiliki sejarah tersendiri.

Umat Islam juga mempercayai bahwa membaca doa ketika minum air zam zam akan lebih mudah terkabul. Lantas, bagaimana doa minum air zam zam? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Sejarah Air Zam Zam

Asal usul air zam zam berawal dari Siti Hajar dan Ismail yang ditinggal oleh Nabi Ibrahim AS di padang tandus. Pada saat itu, Ismail masih bayi. Persediaan makanan Siti Hajar sudah habis sehingga ia berusaha mencari makanan atau orang yang mungkin berada di sekitar padang tandus. 

Siti Hajar sampai harus bolak-balik dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali, namun tidak menemukan apapun. Kejadian tersebut kemudian diabadikan dalam salah satu rukun haji bagi umat Islam yang dinamakan sai. 

Siti Hajar diminta oleh Allah untuk melihat putranya, Ismail, yang sedang menangis dan menghentak-hentakkan kaki ke tanah. Hentakan kaki Ismail AS ternyata mengeluarkan air yang berlimpah. Kemudian, Siti Hajar berkata, “zam zam” atau berkumpullah sehingga airnya berkumpul dan dinamakan dengan zam zam. 

Kehadiran air zam zam ini mengundang kehadiran burung-burung. Melihat hadirnya burung-burung, para kafilah yang hendak mencari air segera menuju ke tempat burung-burung berterbangan. Hingga saat ini, air zam zam tidak pernah kering bahkan menjadi salah satu oleh-oleh para jamaah haji. 

Bacaan Doa Saat Minum Air Zam Zam

Diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim, dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Air zam zam tergantung orang yang meminumnya.”

Para ulama mengambil kesimpulan bahwa doa yang dibaca setelah meminum air zam-zam adalah doa yang mustajab. Berikut ini doa yang senantiasa dipraktekkan oleh Ibnu Abbas saat minum air zam zam. 

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

Allahumma inni as'aluka ‘ilman naafi'an wa rizqon waasi’an wa syifaan min kulli daa in

Artinya :

“Ya Allah aku memohon kepada-Mu atas ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit”.

Selain lafal doa minum air zam zam tersebut, Anda juga bisa berdoa dengan bahasa sendiri yang isinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan diri sendiri.  

Manfaat Air Zam Zam

Air zam zam adalah air yang suci dan mensucikan. Bahkan, kita dianjurkan untuk meminum air tersebut atau menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari, seperti berwudhu, mencuci pakaian, dan beristinja. Adapun air zam zam juga memiliki manfaat, sebagai berikut. 

  • Sebaik-baiknya air

Air zam zam merupakan air yang penuh berkah dan sebaik-baiknya air yang ada di bumi. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membolehkan untuk mengambil keberkahan dari air zam zam. 

  • Air zam zam bisa menjadi makanan yang mengenyangkan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya air zam zam adalah air yang diberkahi dan air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.”

  • Air zam zam dapat menyembuhkan penyakit

Air zam zam mampu menyembuhkan penyakit sehingga pakar fiqih menyarankan untuk membawa bekal air zam zam ketika pulang dari tanah suci agar dapat menyembuhkan orang sakit. Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah membawa air zam zam dan mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan hal tersebut. 

  • Doa bisa terkabul dengan keberkahan air zam zam

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air zam zam sesuai keinginan ketika meminumnya.”. Maksudnya, doa bisa terkabul dengan meminum air zam zam. 

Begitulah asal usul air zam zam yang dapat kita jadikan pengetahuan. Adapula doa minum air zam zam beserta manfaatnya yang dapat dipraktekkan agar kita dapat memperoleh kebaikan Allah melalui air zam zam. 

Sekian informasi mengenai doa minum air zam zam beserta sejarah dan manfaat memninumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper