Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Dito Ariotedjo Lakukan Sertijab Menpora

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa sertijab Menpora oleh Dito Ariotedjo dan Zainudin Amali dilakukan besok
Besok, Dito Ariotedjo Lakukan Sertijab Menpora. Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Besok, Dito Ariotedjo Lakukan Sertijab Menpora. Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan akan melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan Dito Ariotedjo untuk jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada besok, Selasa (4/4/2023).

Hal ini disampaikannya usai menyaksikan pelantikan Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

“Alhamdulillah sudah ditunjuk Menpora definitif dan kami akan segera serah terima jabatan, besok mungkin,” ujarnya di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

Lebih lanjut, dia menyampaikan harapannya kepada pria yang akrab disapa Dito itu untuk menuntaskan rencana SEA Games 2023 di Kamboja yang akan berlangsung pada 5 Mei hingga 17 Mei 2023.

“Pesan saya terutama untuk menuntaskan rencana Sea Games harus disiapkan betul mulai dari penganggaran, tim yang mau dikirim, walaupun sudah ada tim supervisi, tetapi saya kira Kemenpora punya wewenang penuh untuk melakukan policy dan adjustment,” tuturnya.

Tak hanya itu, dia juga berpesan agar Dito dapat menurunkan dalam pertandingan tidak hanya atlet yang diperkirakan akan meraih medali tapi juga atlet yang diperkirakan punya masa depan bagus untuk terjun je event internasional ke depan sehingga punya pengalaman untuk segala event yang ada.

“Saya belum ketemu mas Dito tetapi saya harap tidak boleh apabila ada kepengurusan dari cabor yang bermasalah mengakibatkan atlet jadi korban terutama dalam event internasional itu yang akan saya minta betul diperhatikan mas dito, Menpora yang baru,” tuturnya. 

Tak hanya itu, dia juga menilai bahwa sosok pria kelahiran 25 September 1990 ini merupakan pribadi yang memiliki kinerja baik mengingat Dito memiliki rekam jejak sebagai Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

“Kalau dilihat track record dia dia kan sudah menjadi aktivis sejak pelajar ya sampai mahasiswa juga dia termasuk aktivis kemudian dia juga punya pengalaman di bidang usaha, dan dia juga menggeluti salah satu cabang olahraga saya kira cukup modal itu untuk memimpin Lemenpora ini sehingga memang Menpora itu kan menteri pemuda dan olahraga,” pungkas Muhadjir. 

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI pengganti Zainudin Amali di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (3/4/2023).

Pelantikan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat dan dihadiri undangan terbatas.

Dalam pelantikan tersebut, Presiden ke-7 RI tersebut mengambil sumpah jabatan dari kader muda Partai Golkar yang kini berusia 32 tahun tersebut.

Adapun, Diangkatnya Dito tertuang dalam Keputusan Presiden RI No 26/P Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan, Senin (3/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper