Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Plt Menpora: Belum Ada Surat Pembatalan Piala Dunia U 20 dari FIFA

Plt Menpora menekankan bahwa sampai sekarang belum melihat surat terkait pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia.
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) sekaligus Plt Menpora Muhadjir Effendy menekankan bahwa sampai sekarang belum melihat surat terkait pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia.

Keikutsertaan timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 Indonesia menuai pro kontra, dan ditolak dalam perhelatan itu. Kini ajang tersebut terancam gagal. 

"Tentu saja kita berharap U-20 masih tetap digelar di Indonesia, dan sampai sekarang saya sebagai Plt Menpora belum menerima dan juga belum melihat surat hitam diatas putih tentang pembatalan U-20 itu," katanya. 

Lebih lanjut, dia menyatakan jika ada yang mengakui bahwa perhelatan tersebut telah batal, maka tanyakan kepada yang bersangkutan. 

"Kalau ada yang merasa menyatakan sudah dibatalkan ya tanyakan kepada yang menyatakan hal tersebut," lanjutnya kepada wartawan saat konferensi pers, Rabu (29/3/2023). 

Plt Menpora juga menekankan bahwa perihal sepak bola jangan dikaitkan dengan masalah lain, karena FIFA punya regulasinya sendiri. 

"Sepak bola ini jangan dikaitkan dengan masalah lain terutama masalah politik dan juga namanya organisasi FIFA punya aturan dan regulasinya sendiri dan sifatnya superordinat atas negara-negara di mana olahraga itu dihelat atas persetujuan FIFA termasuk di Indonesia ini," tambahnya. 

Dia juga menyampaikan ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang komitmen Indonesia untuk dukungan terhadap Palestina yang tidak akan pernah berubah. 

"Bapak Presiden juga sudah menegaskan bahwa komitmen Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina tidak akan pernah berubah, sehingga jangan dikaitkan dengan kehadiran tim dari Israel, dengan komitmen pemerintah Indonesia itu," lanjutnya. 

Muhadjir mengatakan bahwa saat ini Ketua Umum PSSI sedang berkunjung mendatangi dan mengadakan pembicaraan dengan pihak FIFA. Dia menekankan bahwa sebelumnya juga telah ada pembicaraan. 

"Sekarang ini, sudah disampaikan bapak Presiden, ketua umum PSSI sedang berkunjung mendatangi dan mengadakan pembicaraan dengan pihak FIFA, dan sebetulnya sebelumnya juga telah ada pembicaraan pendahuluan," tambahnya. 

Dia menyatakan bahwa sampai saat ini belum mendapatkan informasi terkait hasil dari pembicaraan dengan FIFA tersebut. "Apakah hasilnya? Sampai sekarang saya belum dapatkan informasi, mari kita tunggu, semoga semuanya adalah kabar baik untuk Indonesia," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper