Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wiranto Tunda Gabung PAN, Ada Apa?

Wiranto menunda bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), namun tidak jelas alasan penundaan itu.
Wiranto/Reuters-Beawiharta
Wiranto/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukham) Wiranto menunda bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu disampaikan pengacara Wiranto, Adi Warman. Menurutnya, beberapa waktu lalu ramai pembicaraan tentang bergabungnya Wiranto ke PAN. Meski begitu, rencana bergabungnya mantan Ketua Umum Partai Hanura batal.

Dia tak menyebut dengan jelas alasannya. Alasan batalnya Wiranto gabung dengan PAN akan disampaikan pada waktunya.

"Rencana bergabungnya Bapak [Wiranto] ke PAN ditunda karena sesuatu dan lain hal sampai pemberitahuan lebih lanjut," jelas Adi dalam keterangan tertulis, Senin (20/3/2023).

Dia mengingatkan agar informasi yang menyatakan Wiranto telah bergabung dengan PAN sejak 2023 belum terkonfirmasi.

"Informasi yang ditulis di Wikipedia.org tentang bapak sejak tahun 2023 ada di PAN adalah tidak benar, belum terkonfirmasi resmi pihak kami," ujar Adi.

Bisnis sudah coba konfirmasi ke pihak PAN terkait kabar itu. Meski begitu, hingga berita ini diterbitkan belum menerima jawaban.

Sebelumnya, elite Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir sebelumnya sudah menyatakan Wiranto akan bergabung PAN. Inas mengatakan pihaknya tak akan mempersoalkan keputusan Wiranto.

"Bergabungnya Pak Wiranto ke Partai Amanat Nasional adalah pilihan dan keputusan yang harus dihormati oleh siapapun," ujar Inas saat dikonfirmasi, Kamis (16/2/2023).

Dikonfirmasi pada saat berbeda, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto juga mengungkap memang akan ada mantan ketua umum salah satu partai yang akan bergabung. Meski tak mau mengungkap nama, dia memastikan pengumumannya akan dilakukan pada akhir Februari 2023.

"Ya, itu insya Allah diumumkan di Rakornas tanggal 26 Februari di Semarang," ungkap Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper