Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kritik Tentara Rusia, Aktivis Ini Divonis 8,5 Tahun Penjara

Pengadilan Moskow menjatuhkan vonis 8,5 tahun penjara kepada seorang aktivis yang mengkritik tentara Rusia di Ukraina. 
Tentara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa
Tentara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pengadilan Moskow menjatuhkan vonis 8,5 tahun penjara kepada aktivis oposisi Rusia bernama Dmitry Ivanov yang mengkritik tentara Rusia atas perang di Ukraina pada Selasa (7/3/2023). 

Pengadilan Moskow memutuskan bahwa aktivis itu bersalah karena menyebarkan informasi palsu tentang tentara Rusia, seperti dilansir Reuters, Selasa (7/3/2023). Meski begitu, aktivis Dmitry Ivanov yang mengkritik di jejaring sosial Telegram untuk mahasiswa Universitas Negeri Moskow, membantah telah melakukan kesalahan. 

Dia mengatakan kepada pengadilan bahwa dirinya hanya mendukung pernyataan asli yang menurutnya sudah akurat secara faktual. Pengacaranya, Maria Eismont menerbitkan putusan pengadilan di Facebook, bahwa Ivanov akan menjalani hukumannya dan dilarang menggunakan internet maupun media sosial selama 4 tahun.

Sejak mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina lebih dari setahun lalu, Rusia memperkenalkan undang-undang sensor masa perang yang digunakan untuk membungkam suara-suara yang berbeda pendapat di tengah masyarakat. 

Mendiskreditkan tentara saat ini dapat dihukum hingga 5 tahun penjara, sedangkan jika sengaja menyebarkan informasi palsu tentang maka akan mendapatkan hukuman penjara hingga 15 tahun. 

Ivanov dituduh menulis atau mengunggah ulang klaim di Telegram tentang perilaku tentara Rusia di Ukraina, termasuk tuduhan kejahatan perang. Dia ditahan sejak Juni tahun lalu. 

Rusia dalam operasi militer khusus di Ukraina, telah menyangkal bahwa pasukannya melakukan kejahatan perang. Sementara itu, Ukraina dan sekutu Barat menuduh Rusia mengobarkan perang agresi tanpa alasan untuk merebut wilayah Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper