Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Struktur, Ciri-Ciri dan Contoh Cerpen yang Singkat

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai contoh cerpen dan ciri-cirinya yang perlu kamu ketahui sebelum membuatnya.
Contoh cerpen/Freepik
Contoh cerpen/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang paling banyak dijadikan sebagai bahan bacaan untuk hiburan. Cerpen sendiri merupakan bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui contoh cerpen. 

Cerpen juga bisa disebut sebagai fiksi prosa karena cerita yang disajikan hanya berfokus pada satu konflik permasalahan yang dialami oleh tokoh mulai dari pengenalan karakter hingga penyelesaian masalah yang dialami tokoh. Cerpen juga tidak lebih dari 10.000 kata. 

Berikut ini adalah beberapa contoh cerpen yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Struktur cerpen

  • Abstrak 
    Abstrak merupakan pemaparan gambaran awal dari cerita yang dikisahkan. Pada cerpen abstrak biasanya digunakan sebagai pelengkap cerita. Maka dari itu, abstrak bersifat opsional atau bisa jadi tidak ada pada cerpen tersebut. 
  • Orientasi 
    Pada orientasi cerpen biasanya menjelaskan tentang latar seperti waktu, suasana, tempat atau lokasi yang digunakan dalam penggambaran cerita cerpen. 
  • Komplikasi 
    Komplikasi menjelaskan tentang struktur yang berkaitan dengan pemaparan awal suatu masalah yang dihadapi oleh tokoh. Watak dari tokoh juga dijelaskan pada bagian ini. selain itu pada komplikasi juga menjelaskan urutan kejadian yang berhubungan dengan sebab akibat. 
  • Evaluasi 
    Pada bagian evaluasi ini terjadi konflik masalah yang semakin memuncak. Konflik mulai menuju bagian klimaks dan mendapatkan penyelesaian atas masalah yang terjadi. 
  • Resolusi 
    Resolusi adalah bagian akhir permasalahan yang terjadi pada cerpen. Pada bagian ini terdapat penjelasan dari pengarang mengenai solusi permasalahan yang dialami oleh tokoh. 
  • Koda 
    Kora merupakan nilai atau pesan moral yang terkandung pada sebuah cerpen yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Pesan moral yang disampaikan sesuai dengan jenis cerpen.

2. Ciri-ciri cerpen

  • Bersifat fiktif atau karangan yang tidak nyata dari penulis.
  • Tersusun tidak lebih dari 10.000 kata.
  • Dapat dibaca dengan sekali duduk.
  • Diksi yang digunakan tidak rumit sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
  • Memiliki alur tunggal atau satu jalan cerita saja.
  • Biasanya ditulis berdasarkan peristiwa dalam kehidupan.
  • Memiliki pesan moral yang terkandung di dalamnya. 

3. Contoh cerpen dengan judul star in class

Kalian bisa memanggilku Ega dan jangan pernah bertanya aku kelas berapa. Di sekolahku sendiri aku termasuk anak yang terkenal. Ini bukan maksud menyombongkan diri ya teman-teman. Aku ini terkenal karena memang sikapku yang baik hati dan juga tampan. 

Di sekolah aku juga punya beberapa sahabat setia dan kami juga membuat geng dengan sebutan star in class. Geng kami selalu bersama dalam hal kebaikan. Dari segi prestasinya jangan pernah ditanya ya, kami selalu mengikuti event dan selalu menang. 

Kami suka dengan keributan tetapi bukan orang yang suka ngeributin sehingga banyak orang yang tidak suka dengan kami. Kami selalu ingat dengan kata pak guru, murid yang rebut pasti pintar. Tetapi lihan dulu bentuk keributannya. 

Oh iya, nama teman-teman dalam gengku adalah Dandy, Randy, Eko, Yusuf, Bagus dan juga Adit. kami dipertemukan dalam klub voli di sekolah. semua guru dan teman-teman yang lain pasti senang Ketika kami tampil. Meskipun kami bukan anak-anak yang pintar apalagi jenius, tetapi kamu punya prinsip dalam bidang yang berbeda-beda. 

Aku sendiri dibina langsung oleh guru favorit kami. Namanya pak Tasrul. Tanpa beliau mungkin kami hanya sekelompok anak-anak yang malas sekolah, nakal dan juga perokok. Kami masih ingat dengan apa yang dikatakan oleh pak Tasrul. Beliau berkata “Prestasi itu tidak harus rangking di kelas”

Orang tidak suka matematika juga bisa sukses dengan cara melakukan apa yang disukai dengan sepenuh hati dan berhenti melakukan kejahatan. Kami terus dimotivasi oleh pak Tasrul walaupun mood kami suka naik turun. Kami akan selalu mengingat perkataan pak Tasrul. Karena beliau lah kami bisa menjadi star in class dan sekolah pun menjadi terkenal karena keberadaan kami di tim voli. 

Itulah beberapa struktur dan contoh cerpen yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper