Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Tidak Akan Dalami soal Penjual Rubicon ke Rafael Alun yang Tinggal di Gang

KPK tak akan dalami temuannya yakni penjual Rubicon ke Rafael Alun ternyata tinggal di dalam gang.
KPK Tidak Akan Dalami soal Penjual Rubicon ke Rafael Alun yang Tinggal di Gang. Mario Dandy Satrio berpose di depan Jeep Rubicon. /Instagram @_broden
KPK Tidak Akan Dalami soal Penjual Rubicon ke Rafael Alun yang Tinggal di Gang. Mario Dandy Satrio berpose di depan Jeep Rubicon. /Instagram @_broden

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mendalami laporan harta dan kekayaan mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. Salah satunya adalah kepemilikan Jeep Rubicon yang digunakan anak Rafael, Mario Dandy sebelum menganiaya D.

Salah satu fakta yang ditemukan oleh lembaga antirasuah ketika menelusuri jejak kepemilikan mobil mewah itu melalui plat nomor aslinya di Samsat. Hasilnya, kepemilikan Jeep Rubicon itu atas nama Ahmad Saefudin, yang berdomisili di suatu gang di daerah Mampang, Jakarta Selatan.

Namun demikian, KPK menyebut arah pemeriksaan tidak akan terlalu berfokus kepada hal tersebut, kendati klaim jual-beli Rubicon dari Saefudin ke Rafael tak sepenuhnya dipercaya oleh KPK.

"Menurut KPK, karena arah pemeriksaan bukan ke arah sini, maka kami tidak mendalami lagi," ucap Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan kepada Bisnis, Jumat (3/3/2023).

Adapun berdasarkan hasil penelusuran sebelumnya, ditemukan bahwa kepemilikan mobil mewah itu belum dilakukan balik nama dari Saefudin. Kepemilikan jeep oleh Saefudin diketahui KPK sejak nomor plat kendaraan itu disebutkan oleh pihak Kepolisian.

"Sejak polisi sebut plat nomor yang asli dari jeep itu, tim KPK segera cek di samsat, dan ketemu nama yang terdaftar dan segera ke lokasi. Itu yang aku sebutkan pemilik terdaftar ternyata rumahnya di gang," terang Pahala.

Kepemilikan Jeep Rubicon itu pun didalami lagi oleh lembaga antirasuah ketika memanggil Rafael, Rabu (1/3/2023), untuk proses klarifikasi di KPK. Pahala menceritakan bahwa Rafael mobil jeep yang viral akibat anaknya itu dibeli dari Saefudin.

"Di proses klarifikasi kemarin, kami tanyakan ke yang bersangkutan. Jawabnya dia beli dari AS [Ahmad Saefudin], lalu jual kembali ke kakak yang bersangkutan, dan oleh kakaknya diberi untuk dipakai anaknya," tutur pria yang merupakan doktor dari Universitas Indonesia (UI) itu.

Di sisi lain, kepemilikan Jeep Rubicon oleh Rafael juga sudah dibantah oleh dirinya, sekaligus juga Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Beberapa mobil mewah dan motor gede juga disebut bukan milik Rafael, melainkan milik keluarganya.

Beberapa kendaraan mewah yang dimaksud yakni Jeep Rubicon, Toyoya Land Cruiser, motor Harley-Davidson, dan motor BMW berwarna putih.

"Rubicon diakui sebagai milik kakaknya [Rafael], sementara yang lainnya ada yang diakui sebagai milik dari anak menantunya," ujar Suahasil dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper