Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengganti PeduliLindungi, Ini Manfaat Aplikasi SatuSehat

Bagi yang telah mengunduh PeduliLindungi hanya perlu memperbarui aplikasinya melalui Playstore atau App Store.
Aplikasi SatuSehat memiliki kelebihan dibandingkan PeduliLindungi yakni tenaga kesehatan tidak perlu menginput data berulang pada aplikasi yang berbeda/Novita Sari Simamora
Aplikasi SatuSehat memiliki kelebihan dibandingkan PeduliLindungi yakni tenaga kesehatan tidak perlu menginput data berulang pada aplikasi yang berbeda/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kini  resmi merubah PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile pada tanggal 1 Maret 2023. 

Dilansir melalui laman resmi Kemenkes Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji mengatakan “PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SatuSehat Mobile mulai 1 Maret 2023” ungkapnya

Tujuan diadakannya SatuSehat Mobile yaitu:

1. Pelayanan kesehatan dan rujukan pasien untuk memastikan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan (Continuum of care).

2. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Surveilans kesehatan.

4. Penyusunan kebijakan berbasis data (Evidence-based policy). 


Bagi yang telah mengunduh PeduliLindungi hanya perlu memperbarui aplikasinya melalui Playstore atau App Store, setelah itu pengguna hanya perlu Log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar. 

“Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin Covid-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna SatuSehat Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk memulai menggunakan SatuSehat Mobile” kata Setiaji


Berikut beberapa Manfaat SatuSehat Mobile: 

1. Tenaga kesehatan tidak perlu menginput data berulang pada aplikasi yang berbeda. 

2. Riwayat pengobatan pasien dapat terpantau dengan detail dan runtut meski pasien berobat di rumah sakit berbeda.

3. Koordinasi antar fasyankes lebih efektif karena kemudahan komunikasi untuk mencari layanan rujukan.

4. Pengambilan keputusan pemerintah yang near real-time (cepat) karena berbasis data dan informasi yang tepat dan akurat. 

5. Meningkatkan kemampuan pemerintah untuk deteksi dini, pencegahan, respon terhadap penyakit menular.

6. Koordinasi serta pertukaran data yang lebih baik antar satuan kerja di kementerian kesehatan. 

Melalui SatuSehat Mobile ini ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung. 

Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut. 


“Dengan adanya fitur diari kesehatan tersebut, SatuSehat Mobile dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, dan hal tersebut diakses dimana saja dan kapan saja” kata Setiaji. 

Dalam rencana pengembangannya, SatuSehat Mobile secara bertahap akan menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan lainnya yang datanya bersumber dari terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SatuSehat Platform.

“Dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melalui SatuSehat Mobile” kata Setiaji.

Kini SatuSehat Mobile resmi membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk melakukan registrasi melalui satusehat.kemenkes.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper