Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Binus Gandeng ASEAN Youth Organization untuk Tangkal Hoaks

BINUS International bekerja sama dengan ASEAN Youth Organization (AYO) menggelar acara pelatihan keamanan siber (cybersecurity) untuk tangkal berita hoaks.
BINUS International bekerja sama dengan ASEAN Youth Organization (AYO) menggelar acara pelatihan keamanan siber (cybersecurity) untuk tangkal hoaks/Binus International
BINUS International bekerja sama dengan ASEAN Youth Organization (AYO) menggelar acara pelatihan keamanan siber (cybersecurity) untuk tangkal hoaks/Binus International

Bisnis.com, SOLO - BINUS International baru-baru ini bekerja sama dengan ASEAN Youth Organization (AYO) menggelar acara pelatihan keamanan siber (cybersecurity) dengan tema “ASEAN Cybersecurity Skilling Programme”.

Diadakan di kampus JWC @ Senayan BINUS International, kerja sama ini bertujuan untuk menangkal banyaknya hoax atau kabar bohong yang beredar di internet.

Untuk diketahui, ASEAN Youth Organization merupakan organisasi non-pemerintah (NGO) internasional yang memiliki misi untuk meningkatkan pemahaman para pemuda dan pemudi di wilayah Asia Tenggara tentang isu terkini.

“Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan AYO. Karena jangkauan organisasi ini sangat luas dan misinya sangat mulia, terlebih dengan kemajuan teknologi sekarang,” ucap Ardimas Andi Purwita, S.T., M.T., Ph.D., selaku Subject Content Coordinator dari BINUS International, dalam keterangan resminya.

Ardimas mengungkapkan bahwa ajang kerja sama dengan AYO semakin mengukuhkan status BINUS International sebagai perguruan tinggi yang memiliki global experience.

Dengan kurikulum teknologi terkini dan track record yang sudah terbukti, tidak mengherankan apabila kampus BINUS dipilih sebagai ajang pelatihan Cybersecurity Skilling Programme.

ASEAN Cybersecurity Skilling Programme sendiri merupakan acara pelatihan yang berlangsung selama satu hari mulai dari pukul 9.00 hingga 12.00 WIB.

Acara yang bertajuk “Cybersecurity Skilling Programme dalam Menangkal Hoax di Dunia Maya” ini berisi sejumlah sesi pemaparan materi tentang keamanan siber dan literasi digital dari para ahli teknologi.

Senjaya Mulia, pendiri dari ASEAN Youth Organization, memaparkan bahwa tema yang berkaitan dengan hoax di internet sengaja dipilih karena banyaknya kabar bohong yang beredar di kalangan masyarakat. Hal ini tentunya selaras dengan urgensi keadaan darurat keamanan digital di Asia Tenggara maupun Indonesia.

“Saat puncak pandemi [COVID-19] kemarin, kita melihat ada ribuan berita bohong yang tersebar setiap harinya sehingga meresahkan masyarakat,” ujar Senjaya Mulia ketika ditanya apa yang melandasi topik acara tersebut.

Menurutnya, berita bohong seperti yang tersebar dari oknum tersebut tidak bertanggung jawab dan parahnya bisa membahayakan nyawa.

Baik Senjaya maupun Ardimas percaya bahwa kunci dari mencegah dampak buruk hoax di internet dimulai dari pengetahuan mendasar.

Selain itu, kehidupan sehari-hari generasi muda saat ini sudah tidak terpisahkan dari teknologi serta dunia maya. Mereka harus mampu meningkatkan keterampilan dalam menelusuri dunia online, terutama dari segi literasi keamanan siber.

Harapannya, acara pelatihan ASEAN Cybersecurity Skilling Programme mampu membekali generasi muda dengan skill serta ilmu yang mumpuni untuk menjadi Master Trainer.

Kemudian, sebagai Master Trainer, mereka bisa menyebarkan informasi tentang pentingnya mengetahui cara memilah dan mencerna informasi yang beredar di internet secara kritis. Pada akhirnya, inisiatif ini akan meningkatkan literasi digital Indonesia dalam kancah dunia.

“Tidak bisa dimungkiri kalau internet itu memang sangat kuat,” ujar Ardimas. 

Lebih lanjut ia mengatakan, teknologi ini seperti pisau bermata dua. Sehingga apabila salah digunakan, yang ada merugikan diri sendiri dan masyarakat.

"Jadi, kita harus pandai-pandai menggunakannya, dimulai dengan berpikir kritis dulu saat berinternet,” ujar Ardimas menutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper