Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan PHK, Gaji Karyawan Supermarket di Inggris Justru Naik

Supermarket terbesar di Inggris Tesco berencana menaikan upah per jam bagi karyawan toko sebesar 7 persen mulai April 2023.
Ilustrasi gaji naik. /Careerealism
Ilustrasi gaji naik. /Careerealism

Bisnis.com, JAKARTA - Supermarket terbesar di Inggris Tesco berencana menaikan upah per jam bagi karyawan toko sebesar 7 persen mulai April 2023 di tengah adanya badai PHK karyawan di dunia.

Rencana kenaikan ini diharapkan dapat menari perhatian Bank of England (BOE) yang sedang mengkhawatirkan tekanan inflasi dalam perekonomian.

Dilansir dari Reuters, Senin (20/2/2023), Toko serba (toserba) ini mengumumkan karyawan toko akan mendapatkan US$13,25 per jam mulai 2 April, naik dari 10,30 poundsterling saat ini.

Tesco mengatakan kenaikan tersebut merupakan yang ketiga dalam seputuh bulan. Namun, keputusan ini tentu akan menelan biaya lebih dari 230 juta poundsterling.

Pekan lalu, Asda, jaringan supermarket terbesar ketiga di Inggris, mengumumkan kenaikan gaji sebesar 10 persen untuk para tenaga kerja.

Seperti diketahui, Gubernur BoE Andrew Bailey awal Februari mengaku khawatir mengenai penetapan upah, meskipun ada tanda-tanda bahwa lonjakan inflasi menurun.

Seperti diketahui, Inflasi Inggris turun di bawah proyeksi analis pada Januari 2023, meskipun tekanan harga masih menghantui perekonomian.

Kantor Statistik Nasional (ONS) mencatat inflasi Inggris mencapai 10,1 persen Januari 2023 year-on-year (yoy), turun dari 10,5 persen pada Desember 2022.

Angka ini lebih rendah dari proyeksi ekonom sebesar 10,3 persen dan semakin menjauh dari level tertinggi dalam 41 tahun pada Oktober 2022 sebesar 11,1 persen. Namun, tingginya harga masih menggerogoti standar hidup rumah tangga.

"Meskipun penurunan inflasi disambut baik, perjuangan ini masih jauh dari selesai," kata Menteri Keuangan Jeremy Hunt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper