Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Kirim Bantuan Sosial dan Layanan Medis untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Indonesia mengirim bantuan sosial dan pelayanan medis untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah. 
Pemerintah Indonesia memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awak pesawatnya kepada Pemerintah Turki. Pesawat yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama (12/2) tersebut diperpanjang masa penugasannya dan diperbantukan untuk mengangkut logistik dari berbagai daerah di Turki ke wilayah yang terdampak gempa. Pesawat  yang memiliki daya angkut 10 ton tersebut, akan diperbantukan kepada pihak Turki hingga tanggal 20 Febaruri 2023./Dok. KBRI Ankara
Pemerintah Indonesia memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awak pesawatnya kepada Pemerintah Turki. Pesawat yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama (12/2) tersebut diperpanjang masa penugasannya dan diperbantukan untuk mengangkut logistik dari berbagai daerah di Turki ke wilayah yang terdampak gempa. Pesawat yang memiliki daya angkut 10 ton tersebut, akan diperbantukan kepada pihak Turki hingga tanggal 20 Febaruri 2023./Dok. KBRI Ankara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI melaporkan bahwa Indonesia memberi bantuan sosial dan pelayanan kesehatan kepada korban terdampak gempa, terutama Warga Negara Indonesia (WNI) di Turki dan Suriah

KBRI Ankara melaporkan telah mendistribusikan paket bantuan sosial di Turki bagi para WNI yang terdampak gempa di sekitar Provinsi Hatay, Turki pada Rabu (15/2/2023). 

Paket bantuan sosial yang disistribusikan KBRI Ankara terdiri dari makanan pokok hingga perlengkapan musim dingin meliputi selimut, jaket, serta keperluan dasar. 

KBRI Damaskus juga telah menyalurkan bantuan di sejumlah tempat di Suriah. Bantuan itu berupa makanan, obat dan pakaian musim dingin. Selain itu, pelayanan kesehatan berupa rumah sakit lapangan dari Indonesia sudah mulai beroperasi di Turki, pada Kamis (16/2/2023). 

Rumah sakit lapangan dari Indonesia mulai beroperasi di 2 provinsi paling terdampak gempa, di Hatay dan Kahramanmaras yang melayani penduduk Hassa di 6 sub-distrik.

Beberapa sub-distrik tempat rumah sakit lapangan tersebut beroperasi antara lain, Ardancli, Gulkent, Hacilar, Nazmanli, Aktepe dan Egribucak.

Rumah sakit lapangan itu terdapat beberapa ruangan di antaranya, terdiri dari ruang triase, ruang tindakan rawat jalan, ruang apotik, ruang tindakan bedah, dan ruang rawat inap. 

Lebih lanjut, pemerintah Turki juga memanfaatkan C-130 Hercules TNI-AU sebagai angkutan logistik untuk korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper