Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amien Rais Tolak Jadi Cawapres Anies: Saya Sudah Tua

Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais menolak jadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024.
Mantan Ketua MPR Amien Rais/Youtube
Mantan Ketua MPR Amien Rais/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais menolak jadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Amien mengatakan dirinya jadi satu dari tiga sosok yang diinginkan banyak kadernya yang ingin dia maju di Pilpres 2024. Meski begitu, dia mengatakan dirinya sudah tua sehingga yang mendampingi Anies sebaiknya yang lebih muda darinya.

"Saya sudah tua ini," ujar Amien saat Rakernas 1 Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (14/2/2023).

Dia melanjutkan, sosok lainnya yaitu Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi. Namun, ujar Amien, umur Ridho belum mencapai 40 tahun.

Memang, dalam Pasal 169 huruf q UU 7/2017 (UU Pemilu), usia minimal capres dan cawapres adalah 40 tahun. Sedangkan pada 2024, Ridho baru berumur 37 tahun.

"Jadi [Ridho] tidak mungkin jadi capres ataupun cawapres," jelas Amien.

Sosok terakhir yaitu Wakil Ketua Majelis Syura Partai Ummat MS Kaban. Menurut Amien, mantan menteri kehutanan itu merupakan cawapres paling potensial untuk Anies dari Partai Ummat.

"Paling masuk akal ya beliau [MS Kaban]," ungkapnya.

Amien menambahkan, Anies merupakan sosok terkuat capres yang akan diusung Partai Ummat untuk Pilpres 2024.

Anies sendiri mengungkapkan ada lima kriteria sosok cawapres yang akan mendampingi di ajang Pilpres 2024.

"Kalau kriteria, saya lihat gini. Tiga yang pertama, teknokratik. Dua yg terakhir itu terkait dengan arah dan kerja," ungkap Anies di Rakernas 1 Partai Ummat, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (14/2/2023).

Terkait teknokratis, dia menjelaskan bahwa cawapres harus berkontribusi kepada kemenangan. Lalu, bisa memperkuat koalisi partai yang mengusungnya. Serta, bisa membantunya untuk menjalankan roda pemerintahan secara efektif.

Kemudian terkait arah dan kerja Anies menyatakan pasangannya harus menawarkan perubahan. Selain itu, dia ingin cawapresnya punya kecocokan dengan dirinya, terutama dalam bekerja sama.

"Jadi lima ini, dan kita belum tahu. Saya juga belum tahu bagaimana nantinya. Nanti itu proses semoga akan berjalan dengan baik," ucap Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper