Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Pilih Jurusan dan PT untuk Siswa Berprestasi di SNPMB

Berikut cara memilih jurusan dan perguruan tinggi untuk siswa berprestasi di SNPMB
Tahap awal dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 dimulai dengan pembuatan akun SNPMB bagi sekolah dan siswa./Instagram
Tahap awal dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 dimulai dengan pembuatan akun SNPMB bagi sekolah dan siswa./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), berikut cara pilih jurusan dan PT untuk siswa berprestasi

Ketua Pelaksana Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Budi Prasetyo Widyobroto meminta para siswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk teliti dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi negeri.

“SNBP itu pada 2022 namanya SNMPTN. Artinya memang diperuntukkan untuk yang berprestasi,” katanya dikutip dari Antara.

Budi menjelaskan meski sudah eligible atau memiliki kualitas yang dibutuhkan serta memenuhi kondisi dan syarat yang diperlukan dalam pendaftaran SNBP, namun siswa harus melihat situasi dan kondisi di sekolah masing-masing.

Ia mencontohkan seseorang siswa harus melihat posisi peringkat dia di sekolah, terutama dibandingkan dengan siswa-siswa lain yang juga akan mendaftar SNBP. Jika siswa tersebut memang peringkat pertama di sekolahnya, maka dia boleh bebas dalam mendaftar jurusan dan memilih perguruan tinggi sesuai yang diinginkan karena berpeluang besar untuk diterima.

Namun apabila siswa itu ternyata peringkat ke-9 dari total pendaftar SNBP maka ia wajib mengetahui jurusan dan perguruan tinggi yang akan didaftar oleh siswa peringkat ke-1 sampai ke-8.

Hal itu harus dilakukan karena apabila ternyata siswa tersebut mendaftar di jurusan dan perguruan tinggi yang sama dengan siswa lain dengan peringkat lebih di atas, maka peluang untuk lolos akan sangat kecil.

Misalnya, ternyata siswa peringkat ke-1 sampai ke-9 mendaftar pendidikan dokter di Universitas Airlangga maka kemungkinan besar hanya akan ada satu siswa yang lolos.

Bahkan ada juga potensi bahwa seluruh sembilan siswa dari SMA yang sama itu tidak ada yang lolos ke pendidikan dokter Universitas Airlangga karena juga bergantung dari indeks sekolah di Universitas Airlangga.

Oleh sebab itu Budi mengingatkan para siswa untuk mengetahui indeks sekolahnya di perguruan tinggi dengan tujuan agar peluang untuk diterima lebih besar.

Universitas Airlangga maupun perguruan tinggi lain akan mengutamakan sekolah dengan indeks paling baik sehingga apabila sekolah siswa itu lebih rendah dari sekolah lain maka berpeluang untuk tidak lolos.

“Anda harus hitung-hitung, tahu diri saya posisi di SMA saya itu seperti apa. Kemudian posisi SMA saya memiliki indeks sekolah di perguruan tinggi tujuan seperti apa,” katanya.

Selain itu sebuah jurusan di perguruan tinggi tidak akan menerima banyak siswa dari asal sekolah yang sama karena ada kewajiban dari pemerintah yang diatur Undang-Undang untuk mengutamakan pemerataan.

Pemerataan yang dimaksud, termasuk meliputi berkewajiban menerima siswa dari keluarga kurang mampu, sehingga perguruan tinggi akan menentukan kuota penerimaan dari siswa berprestasi.

Tak hanya itu Budi juga mengingatkan bagi orang tua, guru BK, maupun pendamping siswa, yang akan mendaftar melalui jalur SNBP tidak boleh memaksakan suatu jurusan ke siswa tersebut.

Orang tua hingga guru harus membiarkan siswa memilih jurusan sesuai minat dan bakat karena akan menghasilkan prestasi yang lebih baik di kemudian hari.

“Jangan pernah memaksakan. Ikuti passion dari siswa mau masuk ke mana. Insya Allah kalau passion-nya di sana pasti bagus,” tegasnya.

Sebagai informasi pendaftaran SNBP 2023 mulai dibuka hari ini yaitu Selasa (14/2) melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ hingga 28 Februari 2023 dengan hasil diumumkan pada 28 Maret 2023.

Sebanyak 867.341 siswa eligible dari 22.497 sekolah dapat melakukan pendaftaran SNBP 2023 tersebut. Untuk dapat melakukan pendaftaran SNBP 2023 maka peserta harus terlebih dahulu membuat akun SNPMB yang batas waktunya hingga 15 Februari 2023 pukul 15.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper