Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media China Soroti Rencana AS Kirim Tank Abrams ke Ukraina: "Alay!"

Seorang pakar hubungan internasional asal China menyoroti rencana AS dan beberapa sekutu Barat yang akan mengirim tank ke Ukraina.
China komentari rencana AS dan sekutu Barat untuk mengirim tank ke Ukraina.
China komentari rencana AS dan sekutu Barat untuk mengirim tank ke Ukraina.

Bisnis.com, SOLO - Seorang profesor dari Sekolah Hubungan Internasional Universitas Huaqiao China, Huang Rihan, turut memberikan komentar terhadap rencana AS dan sejumlah sekutu Barat yang ingin mengirim tank ke Ukraina.

Kepada media Xinhua, Huang Rihan berkomentar tentang efek besar yang akan diberikan tank-tank ini dalam perang yang katanya akan menguntungkan Ukraina.

Sang profesor mengatakan jika pernyataan tersebut terlalu berlebihan alias alay.

Menurut Huang Rihan, tank dari berbagai negara membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan situasi garis depan di Ukraina. Ini akan membatasi kinerja mereka.

Itu artinya, tank-tank yang dikirimkan oleh AS dan sekutu Barat, tidak akan langsung berpengaruh besar terhadap perang yang terjadi secara keseluran.

"Oleh karena itu, agak berlebihan untuk mengatakan sekarang bahwa tank-tank ini akan mengubah situasi medan perang secara drastis,” kata Huang Rihan.

Seperti diketahui, Ukraina sedang full senyum karena akan mendapat banyak bantuan senjata dari AS dan sekutu Baratnya.

Minggu lalu, Jerman tidak hanya setuju untuk menyediakan Ukraina dengan 14 tank tempur Leopard 2 dari stoknya sendiri tetapi juga menyetujui negara pelanggannya melakukan hal yang sama.

Beberapa jam kemudian, Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa Washinton juga akan memberi Ukraina 31 tank M1 Abrams buatan AS. 

Sehari kemudian, Kementerian Pertahanan Kanada mengumumkan akan mengirim empat tank Leopard 2 ke Ukraina dan sedang mempertimbangkan untuk mengirim lebih banyak di kemudian hari.

Tak berhenti sampai di situ. Inggris juga ingin turut bekontribusi dalam pengiriman tank besar-besaran.

Inggris mengatakan akan mengirim 14 tank tempur utama Challenger 2 untuk membantu serangan Ukraina terhadap Rusia.

Sementara negara-negara NATO lainnya, termasuk Polandia, Belanda, Norwegia dan Spanyol, telah berkomitmen atau sedang mempertimbangkan untuk mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper