Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina, Kementerian Ukraina Ejek Militer Rusia

Pasukan Ukraina sering mengunggah  video dengan soundtrack lucu yang menampilkan tentang kecelakaan militer Rusia.
PERANG RUSIA VS UKRAINA. Pasukan militer Rusia menembakkan Rudal ke wilayah Ukraina/ The Moscow Times.
PERANG RUSIA VS UKRAINA. Pasukan militer Rusia menembakkan Rudal ke wilayah Ukraina/ The Moscow Times.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertahanan Ukraina baru saja membagikan video mengenai kecelakaan tank Rusia di akun Twitter resminya. Memancing perhatian masyarakat global, akun kementerian ini seolah mengejek pihak militer Rusia.

Dilansir dari Newsweek pada Sabtu (28/1/2023) Kementerian Pertahanan Ukraina itu mengatakan bahwa sang operator tank tersebut menjadi sebuah ancaman besar tersendiri bagi pasukan Rusia.

"Ancaman terbesar untuk memobilisasi infanteri Rusia adalah memobilisasi tankmen Rusia," tulis kementerian itu pada Twitter.

Pada video berdurasi 52 detik itu, ditampilkan bagaimana sebuah laras panjang yang terdapat di atas tank, menyeruduk sejumlah pasukan Rusia yang saat itu berada di atas tank lain yang posisinya sedang berjejeran.

Klip tersebut disertai dengan soundtrack yang menunjukkan kelucuan. Selain itu, terdapat pula efek suara orang tertawa. Musik pengiring ini seolah menunjukkan kekonyolan operator tank Rusia yang sedang bermanuver di antara dua kendaraan lapis baja.

Saat tank itu bergerak mendekati salah satu tank lainnya, laras senapan yang menonjol di atas tank itu justru menjatuhkan beberapa tentara Rusia yang sedang duduk di atas tank yang dihampirinya itu.

Nampaknya ini bukan kali pertama pihak Kementerian Pertahanan Ukraina mengejek pasukan Vladimir Putin. Sebab, di bulan lalu, diketahui bahwa  Kementerian Pertahanan Ukraina sempat membagikan ke Twitter sebuah video yang memperlihatkan bagaimana tank Rusia yang saat itu tengah diangkut dengan kereta api, terjatuh hingga mendarat dengan terbalik .

"Bukannya kami mengeluh. Namun, di masa depan, kami meminta agar Rusia bisa lebih berhati-hati saat membongkar peralatan militer. Kemudian perlu diingat bahwa setiap kendaraan lapis baja adalah peralatan pinjam-sewa yang potensial untuk UA army,” tulisnya dalam caption.

Membagikan video yang menampilkan kekonyolan dari pasukan Rusia nampaknya menjadi hal yang menyenangkan bagi militer Ukraina. Tak heran jika pasukan Zelensky itu sering mengunggah  video dengan soundtrack lucu yang menampilkan tentang kecelakaan militer Rusia.

Pada bulan September lalu, sebuah video yang diposting ke halaman Twitter Calibre Obscura juga menunjukkan tank Rusia yang menabrak pohon saat melarikan diri dari pertempuran. Bahkan video ini menjadi sangat populer dan  viral.

Rangkaian Peristiwa Perang Rusia vs Ukraina Hari ke- 339

– 10 orang Ukraina Tewas dalam Serangan Baru Rusia

"Rentetan baru penembakan Rusia telah menewaskan sedikitnya 10 warga sipil Ukraina dan melukai 20 lainnya dalam sehari," kata kantor presiden Ukraina. 

Pejabat regional mengatakan bahwa kota dan desa di timur dan selatan Ukraina yang berada dalam jangkauan artileri Rusia, menjadi wilayah yang paling menderita. 

"Enam orang tewas di wilayah Donetsk, dua di Kherson dan dua di wilayah Kharkiv," kata para pejabat.

– Rudal dan Drone Rusia Tewaskan 11 Warga Ukraina

Sehari sebelumnya, rudal yang ditembakkan Rusia dan drone self-propelled dilaporkan telah menghantam wilayah Ukraina. Insiden ini menewaskan sedikitnya 11 orang .

Pasukan Ukraina terperangkap dalam pertempuran sengit dengan pasukan Rusia pada hari Jumat (27/1/2023) untuk menguasai kota Vugledar barat daya Donetsk di timur Ukraina. 

– Rusia Tingkatkan Pertempuran di Donetsk

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menggambarkan situasi di garis depan sebagai sangat akut , terutama di wilayah timur Donetsk. Zelensky mengatakan bahwa Rusia sedang meningkatkan serangannya. 

Tak hanya itu, presiden Ukraina ini juga melaporkan pertempuran besar untuk Vuhledar dan Bakhmut, di timur laut. Pejabat lokal Ukraina ikut melaporkan penembakan hebat di utara, timur laut dan timur.

– Militer Ukraina Sebut Telah Menewaskan 109 Pasukan Rusia

Tentara Ukraina mengklaim telah membunuh 109 tentara Rusia dan melukai 188 lainnya dalam satu hari selama pertempuran di sekitar Vuhledar. 

“Pertempuran sengit sedang berlangsung. Musuh memang mencoba untuk mencapai keberhasilan perantara di sana, tetapi berkat usaha para pembela kita, mereka tidak berhasil," sebut Cherevatyi.

– Polandia Siap Kirim 60 Tank Tambahan ke Ukraina

"Polandia akan mengirim 60 tank tambahan ke Ukraina di atas 14 tank Leopard 2 buatan Jerman yang telah dijanjikannya," kata perdana menteri Polandia, Mateusz Morawiecki.

"Sebanyak 321 tank berat telah dijanjikan ke Ukraina oleh beberapa negara, kata duta besar Ukraina untuk Prancis,"

Vadym Omelchenko mengatakan kepada stasiun TV Prancis bahwa ketentuan pengiriman bantuan bervariasi untuk setiap kasus dan pihaknya membutuhkan bantuan ini sesegera mungkin. 

– Belgia Akan Kirim Tambahan Paket Bantuan Militer

Belgia mengumumkan paket bantuan militer tambahan senilai €93,6 juta ($104,7 juta/£84,5 juta) untuk Ukraina. Perdana menteri Belgia Alexander De Croo mengatakan bantuan ini termasuk pengeluaran sebelumnya yang terbesar dari jenisnya yang pernah diberikan Belgia kepada negara lain. 

– Ukraina Lakukan Pemadaman Listrik Darurat

Sepuluh wilayah Ukraina menerapkan pemadaman listrik darurat karena kekurangan daya di jaringannya setelah adanya serangan Rusia hari Kamis lalu. Selain itu, perbaikan fasilitas yang rusak juga terus dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper