Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Korupsi BTS Kominfo, Kejagung Periksa Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong diperiksa Kejagung sebagai saksi terkait kasus BTS.
Gedung Bundar Kejaksaan Agung/kejaksaan.go.id
Gedung Bundar Kejaksaan Agung/kejaksaan.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong sebagai saksi terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU), dalam kasus tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo tahun 2020-2022.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan bahwa Usman diperiksa bersama dengan dua orang lainnya terkait kasus BTS Kominfo.

“Adapun ketiga orang saksi diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana pencucian uang dalam tindak pidana korupsi BTS Kominfo,” ujar Ketut dalam keterangan resminya, Kamis (26/1/2023).

Selain Usman, Kejagung juga memeriksa dua pihak swatsa dengan inisial GAP (Gregorius Aleks Plate) dan MM (Muchlis Muchtar).

Ketut menjelaskan bahwa pemeriksaan ketiga saksi untuk melengkapi data guna membongkar tindak pidana pencucian uang di kasus korupsi BTS Kominfo.

“Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana pencucian uang,” ucapnya.

Diketahui, Kejagung telah memeriksa Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemkominfo, Semuel Abrijani Pengerapan dalam kasus yang sama.

Selain Semuel, Kejagung juga memeriksa DJ (Danny Januar) selaku Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah, RNW (R Niken Widiastuti) selaku Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kejagung telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo tahun 2020-2022.

Keempatnya adalah: Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Anang Achmad Latif, Galumbang Menak (GMS) selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia.

Lalu, YS selaku Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia tahun 2020 dan Mukti Ali (MA) Account Director PT Huawei Tech Investment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper