Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik! Pemerintah Segera Siapkan Vaksin Covid-19 Gratis bagi Anak

Wapres Maruf Amin menyampaikan bahwa pemerintah segera menyiapkan vaksin gratis Covid-19 bagi anak usia 6 bulan hingga 11 tahun. 
Kabar Baik! Pemerintah Segera Siapkan Vaksin Covid-19 Gratis bagi Anak. Bisnis/Arief Hermawan P
Kabar Baik! Pemerintah Segera Siapkan Vaksin Covid-19 Gratis bagi Anak. Bisnis/Arief Hermawan P
Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa pemerintah segera menyiapkan vaksin gratis Covid-19 bagi anak usia 6 bulan hingga 11 tahun.
 
Ma'ruf mengatakan, pemberian vaksin gratis bagi anak-anak ini menjadi upaya pemerintah dalam mengendalikan kasus Covid-19 usai dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Selain itu, penyediaan vaksin gratis bagi anak usia 6 bulan-11 tahun ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan kekebalan masyarakat secara lebih merata. 
 
"Supaya kekebalan masyarakat ini semakin merata, begitu juga dengan vaksin anak-anak. Pemerintah sudah bertekad untuk digratiskan," ujar Ma'ruf dalam keterangan resmi dikutip Senin (9/1/2023). 
 
Adapun, wapres memastikan bahwa pemerintah terus mengupayakan percepatan produksi vaksin dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia. Hal ini menjadi bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan cakupan vaksinasi di masyarakat. 
 
"Selain kita sudah punya vaksin dari impor, kita juga sedang memproduksi vaksin dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan," jelasnya, 
 
Senada, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menyatakan siap untuk menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi anak usia 6 bulan-11 tahun. Budi mengklaim bahwa Kemenkes memiliki anggaran yang cukup untuk pelaksanaan program vaksinasi secara gratis. 
 
"Kita ada anggarannya untuk bisa melakukan vaksinasi anak secara gratis, segera kita proses untuk vaksinasi anak secara gratis," jelas Budi dalam konferensi pers, Kamis (5/1/2023).  
 
Adapun Budi mengatakan, untuk sementara waktu pihaknya hanya akan menggunakan vaksin Pfizer comirnaty children dalam pelaksanaan program vaksinasi bagi anak. Pasalnya, baru vaksin tersebut yang telah memperoleh izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta memperoleh rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). 
 
Namun, tak menutup kemungkinan jika Kemenkes nantinya juga akan menggunakan berbagai jenis vaksin lainnya untuk keperluan program vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper