Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKB Papua Vs Aparat Baku Tembak, Seorang Polisi Tertembak

Baku tembak KKB dengan aparat keamanan terjadi pada Sabtu (7/1/2023) di Kabiding Lokasi III, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri./Antara
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Baku tembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan aparat keamanan terjadi pada Sabtu (7/1/2023) di Kabiding Lokasi III, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang anggota Polres Pegubin tertembak di bagian pundak.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri di Jayapura, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu laporan lengkap.

Sebelumnya, Polda Papua memprediksi KKB masih menjadi ancaman pada tahun 2023.

"Memang benar KKB dan kelompok lainnya yang berupaya memisahkan Papua dari NKRI masih mewarnai gangguan kamtibmas di Papua," kata Mathius dalam keterangannya, di Jayapura, Rabu (28/12/2022).

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi hal itu pihaknya berharap peran aktif kepala daerah dan tokoh agama, tokoh masyarakat serta pemuda untuk memberikan pemahaman terhadap kelompok-kelompok tersebut agar tidak mengganggu jalannya pembangunan.

Peran serta kepala daerah dan perangkatnya sangat dibutuhkan, mengingat banyak di antaranya yang masih memiliki kekerabatan dengan anggota KKB.

"Dengan berbagai pendekatan yang dilakukan diharapkan dapat mengajak anggota KKB, agar tidak lagi mengganggu dan bersama-sama membangun daerahnya," ujar Fakhiri.

Kapolda Papua berharap dengan adanya pemekaran Papua menjadi empat provinsi, maka pimpinan daerah dan wakil rakyat di DPRD makin aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Tanpa peran serta pemda setempat, menurutnya, maka sulit menyadarkan mereka dan dikhawatirkan akan terus mengganggu baik terhadap warga sipil maupun anggota TNI-Polri.

"Mudah-mudahan dengan peran serta maka secara perlahan anggota KKB tidak lagi mengganggu, bahkan bergabung dengan masyarakat membangun daerahnya, sehingga kamtibmas di wilayah Polda Papua aman," kata Fakhiri.

Tiga daerah otonomi baru (DOB) pemekaran dari Papua yaitu Provinsi Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Provinsi Papua Selatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper