Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reaksi Prabowo Saat Dengar Kabar Sandiaga Uno Akan Gabung PPP

Prabowo Subianto hanya tersenyum ketika dikabarkan Sandiaga Uno akan berlabuh ke partai lain, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. JIBI/Bisnis/Feni Freycinetia Fitriani
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. JIBI/Bisnis/Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya tersenyum ketika mendengar kabar Sandiaga Uno, akan berlabuh ke partai lain yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat menemui dan memberitahu soal isu hengkang Sandi ke Prabowo.

“Kemarin saya ketemu Pak Prabowo. Pak Prabowo kebetulan diceritakan soal berita ini. Tidak ada komentar apa-apa, kecuali senyum-senyum saja Pak Prabowo,” ungkap Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Melihat reaksi menteri pertahanan itu, Dasco mengaku tak membahas lebih lanjut mengenai Sandi. Dia pun tak mau mengartikan apa arti senyuman Prabowo itu.

“Saya enggak tahu arti senyum-senyumnya apa, saya kan enggak tanya,” jelasnya.

Di samping itu, Dasco mengungkapkan hingga hari ini, Kamis (29/12/2022), Sandi belum mengajukan surat pengunduran diri. Meski begitu, dia menjelaskan sesuai peraturan perundang-undangan seorang kader suatu partai tak perlu mengajukan surat pengunduran diri jika memang ingin berlabuh ke partai politik lain.

“Di Undang-undang Partai Politik kalau seseorang sudah beralih menjadi kader partai lain itu otomatis keanggotaan partai sebelumnya gugur,” ujar wakil ketua DPR itu.

Sebelumnya, Dasco mengaku terima kabar bahwa Sandi akan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Saya sudah mendengar kabar dari teman-teman fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP,” ungkap Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Dia mengatakan baru dapat kabar niat Sandi bergabung PPP dari anggota partai berlambang kabah tersebut di DPR, bukan dari Sandi sendiri.

“Saya baru dengar dari teman-teman fraksi PPP. Jadi silakan ditanyakan ke yang bersangkutan dan ditanyakan ke PPP,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awi belum dapat memastikan kabar bergabungnya Sandi ke partainya. Awi hanya menekankan hubungan antara PPP dengan Sandi baik.

Dia mencontohkan, Sandi kerap menjadi narasumber di acara-acara yang diselenggarakan PPP. Bahkan, sempat mengisi acara workshop untuk kader PPP.

“Ya kalau kemudian ada informasi dari Gerindra seperti itu, ya mudah-mudahan ya kita menyambut baik. Tetapi sampai saat ini dalam revitalisasi struktur kepengurusan DPP kemarin, tidak ada nama Pak Sandiaga Uno, karena PPP hormati fatsun [etika] politik yang ada,” jelas Awi saat dikonfirmasi, Rabu (28/12/2022).

Sebagai informasi, Sandiaga Uno saat ini menjabat sebagai wakil ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Sandi juga merupakan keponakan kandung mantan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Belakangan, Sandi menyatakan kesiapannya maju di Pilpres 2024. Di sisi lain, Gerindra terus menekankan sudah mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai bakal calon presiden tunggal partainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper