Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sri Mulyani Ungkap Sosok Pemimpin Rambut Putih seperti Kata Jokowi

Menkeu Sri Mulyani memberi bocoran soal sosok pemimpin rambut putih yang pernah disebut Jokowi. Oo.. siapa dia?
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  11:44 WIB
Sri Mulyani Ungkap Sosok Pemimpin Rambut Putih seperti Kata Jokowi
Menkeu Sri Mulyani saat acara pemberian Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022). - Dok. Youtube Setpres RI.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut salah satu nama dengan rambut putih dan kulit berkerut, seperti ciri pemimpin yang memikirkan rakyat sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Sri Mulyani memaparkan berbagai penggunaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk kepentingan negara, seperti pembangunan infrastruktur. Menurutnya, pembangunan infrastruktur bukan hanya penting, tetapi juga menjadi bukti penggunaan APBN yang paling terlihat oleh rakyat.

Dia kemudian menyebut salah satu sosok yang berperan dalam pembangunan itu, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bukan hanya itu, Sri Mulyani pun menyebut bahwa Basuki sesuai dengan kriteria pemimpin yang pernah Jokowi singgung.

“Kalau [Pak Basuki] dilihat dari rambutnya, menurut Bapak Presiden itu berarti setiap detik memikirkan rakyat, karena rambutnya putih dan kulitnya berkerut,” kata Sri Mulyani dalam acara serah terima hibah barang milik negara Kementerian PUPR tahap II, Rabu (7/12/2022).

Sri Mulyani pun menyampaikan terima kasih kepada Basuki dalam tugasnya membangun infrastruktur di Indonesia. Menurutnya, Basuki pun mengkomunikasikan berbagai pembangunan dengan baik kepada masyarakat, sebagai bentuk akuntabilitas penggunaan APBN.

Sebelumnya, pernyataan Jokowi menghebohkan kontestasi politik menuju pesta demokrasi atau pemilihan umum (pemilu) 2024. Dalam pertemuan dengan ribuan orang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jokowi menyinggung kriteria pemimpin yang selalu memikirkan rakyat.

"Pemimpin yang mikirin rakyat itu dari mukanya kelihatan. Dari penampilannya kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya, karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua. Ada itu," ujar Jokowi pada Sabtu (26/11/2022).

Pernyataan itu memicu perhatian karena kriteria rambut putih memiliki banyak tafsir, meskipun banyak pihak menilai hal itu tertuju pada kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. Pernyataan Jokowi pun meramaikan pembahasan kandidat calon presiden dari Partai Banteng, yang sampai saat ini belum ditentukan.

Setelah menjadi perbincangan, Jokowi kemudian menyatakan bahwa masyarakat dapat bebas menafsirkan siapa sosok yang dia maksud. Meskipun begitu, Jokowi menyebut nama Ganjar dalam salah satu contohnya.

“Banyak yang rambutnya putih, seperti Hatta Rajasa, Ganjar Pranowo, termasuk Pak Prabowo Subianto, rambutnya juga agak putih, dan lainnya,” ujar Jokowi Jokowi usai menghadiri acara Temu Akbar Pasukan Merah di Rumah Radakng Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani Jokowi basuki hadimuljono Pilpres 2024
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top