Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tekan Emisi Karbon, Bakti BCA Tanam Seribu Pohon di Gunung Sasak

PT Bank Central Asia Tbk. ikut berkontribusi menekan emisi karbon dengan melakukan aksi tanggung jawab sosial dengan menanam pohon kawasan Gunung Sasak.
Erwin Tri Prasetyo
Erwin Tri Prasetyo - Bisnis.com 30 November 2022  |  04:34 WIB
Tekan Emisi Karbon, Bakti BCA Tanam Seribu Pohon di Gunung Sasak
Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama (kiri), Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid (kedua dari kiri), EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (tengah), Ketua Kelompok Tani Wana Sasak Lestari Alsyah (kedua dari kanan), Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan Pemerintah Provinsi NTB Julmansyah (kanan), dalam kegiatan penanaman 1.000 pohon Durian yang diinisiasi oleh BCA di Lombok Barat, Selasa (29/11 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - PT Bank Central Asia (BCA) melakukan aksi menanam 1.000 pohon durian di kawasan Gunung Sasak, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat (NTB) memanfaatkan momentum Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). 

Aksi tanggung jawab sosial perusahaan dibalut melalui Bakti BCA ini, menyasar kawasan yang termasuk daerah yang kering di kawasan Lombok Barat. 

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, menjelaskan program ini terlaksana berkat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat. 

Adapun, penanaman 1.000 pohon durian ini dilakukan pada lahan seluas 10 hektare, yang nantinya akan memberikan banyak manfaat, seperti memberikan dampak ekonomi bagi warga setempat. Pasalnya, sebelum melakukan penanaman pohon, tim BCA telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah.

"Karena target kami, ini tidak hanya memberikan manfaat ekologis atau lingkungan, tapi juga manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Jadi lingkungan semakin hijau tapi juga meningkatkan dampak ekonomi, purchasing power dari masyarakat," ujarnya, Selasa (29/11/2022).

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengatakan, manfaat ekologis yang dapat dirasakan oleh warga selain kawasan menjadi hijau, adalah penurunan emisi karbon hingga 1.420 ton CO2 ekuivalen per tahun. 

Hal ini akan mendukung kawasan Lombok Barat mengejar target net zero emission, pada tahun 2050 yang dicanangkan Pemerintah Provinsi NTB.

Nantinya, pohon durian yang ditanam hari ini baru bisa dirasakan manfaat ekonominya pada usia tanam 8 tahun kedepan. Diperkirakan setelah siap panen, satu pohon durian mampu menghasilkan pendapatan sekitar Rp1.000.000/pohon yang nantinya akan bermanfaat ekonomis bagi masyarakat setempat.

"Gunung Sasak ini nantinya bisa menjadi penghidupan bagi kelompok tani dan warga setempat, jika saja benar-benar dikelola dengan baik, saya hitung-hitung, mampu untuk membiayai 2 anak hingga tamat menjadi sarjana," tutur Fauzan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca tanam pohon csr lombok emisi karbon
Editor : David Eka Issetiabudi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top