Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BPJS Kesehatan Hanya Untuk si Miskin? Menkes: Orang Kaya Juga Bisa Manfaatkan

Budi Gunadi Sadikin menegaskan BPJS merupakan asuransi sosial yang menanggung seluruh masyarakat Indonesia tanpa memandang status sosial dan ekonomi.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 30 November 2022  |  19:32 WIB
BPJS Kesehatan Hanya Untuk si Miskin? Menkes: Orang Kaya Juga Bisa Manfaatkan
BPJS Kesehatan Hanya Untuk si Miskin? Menkes: Orang Kaya Juga Bisa Manfaatkan. Karyawan di salah satu berada kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan BPJS Kesehatan merupakan asuransi sosial yang dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat Indonesia, tanpa membedakan status sosial, ekonomi, hingga usianya.

"BPJS itu asuransi cover seluruh masyarakat Indonesia, kaya miskin, tua muda, itu di-cover, dari Sabang hingga Merauke. Jadi dasarnya itu," ujar Budi kepada awak media di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dia menampik anggapan bahwa BPJS hanya menanggung masyarakat yang kurang mampu atau miskin. Budi tak menampik sempat mengeluhkan orang kaya yang tetap menggunakan BPJS. Akibatnya, anggaran BPJS yang kerap defisit.

Meski begitu, dia mangaku hanya bermaksud agar ada integrasi antara asuransi sosial nasional dengan swasta. Dengan begitu, BPJS hanya menanggung kebutuhan dasar semua masyarakat, baik kaya maupun miskin.

Namun, jika ada kebutuhan kesehatan lain di atas kebutuhan dasar, misalnya kemoterapi, Menkes meminta orang kelas menengah dan atas dapat memakai asuransi swasta, sedangkan yang kurang mampu ditanggung BPJS.

"Jadi yang dasar dikasih ke semua orang, kaya miskin, tua muda, Sabang sampai Merauke. Tapi untuk asuransi tambahan yang di atasnya, nah itu yang harusnya pemerintah mensubsidi yang tidak mampu," jelas Budi.

Menurtnya, dengan begitu BPJS tak akan terlalu dibebani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPJS Kesehatan bpjs ketenagakerjaan bpjs menkes
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top