Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Kode Pilih Capres Rambut Putih, PDIP: Bukan Endorse Ganjar!

Said Abdullah mengatakan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pilih pemimpin yang berambut bukan dimaksudkan meng-endorse Ganjar Pranowo.
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah dari Fraksi PDIP./Dok. DPR
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah dari Fraksi PDIP./Dok. DPR

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengatakan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pilih pemimpin yang berambut bukan dimaksudkan meng-endorse Ganjar Pranowo.

Said merasa, kriteria yang disampaikan Jokowi sangat umum. Oleh sebab itu, dia menanggap tak ditujukan untuk salah satu bakal calon presiden tertentu.

“Presiden tidak meng-endorse siapa pun pemaknaan dari saya, karena apa? Karena memang relawan-relawan ini kan bagian dari kawan-kawan yang ingin memenangkan seseorang, bahwa bapak presiden memberikan kriteria toh kriterianya umum banget kok,” ujar Said kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Dia meyakini, Jokowi sangat tahu konstitusi sudah mengatur yang berhak mencalonkan presiden dan wakil presiden hanya partai politik atau gabungan partai politik.

Oleh sebab itu, Said merasa Jokowi tak akan mencampuri urusan partai politik sebab kedaulatan partai politik sudah diatur dalam Undang-undang.

“Partai politik pasti berdaulat. Kan tidak mungkin presiden akan mengintervensi parpol,” jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi mengingatkan agar hati-hati memilih presiden. Dia  mengungkap sejumlah kriteria untuk Pilpres 2024.

Salah satunya adalah rambut putih. Menurutnya, pemimpin yang rambutnya putih cenderung memikirkan rakyatnya.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling bersih, tidak ada keritan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi dalam pidatonya di acara Nusantara Bersatu, di Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Santok, banyak yang berasumsi bahwa pernyataan Jokowi ditujukan untuk mendukung Ganjar Pranowo. Apalagi, Ganjar dikenal dengan rambutnya yang serba putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper