Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jusuf Kalla Ungkap 4 Kriteria Capres Pilihannya

JK mengatakan dirinya punya empat kriteria untuk calon presiden (capres) pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 25 November 2022  |  15:28 WIB
Jusuf Kalla Ungkap 4 Kriteria Capres Pilihannya
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut tahun 2022 adalah tahun romantis. Dia menyampaikan itu dalam seminar kebangsaan Rakernas Partai Nasdem di Jakarta, Kamis (16/6 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan dirinya punya empat kriteria untuk calon presiden (capres) pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Pertama, JK mengatakan calon pemimpin harus memiliki kepemimpinan yang baik. “Artinya harus tegas, harus menganalisis baru mengambil keputusan, yang bisa bertanggung jawab kan,” jelas JK saat berbincang dengan Rocky Gerung dalam siaran kanal YouTube RGTV channel IDE, dikutip Jumat (25/11/2022).

Kedua, dia mengatakan seorang capres harus punya pengalaman yang jelas. Kalau tidak ada pengalaman, lanjutnya, masyarakat tak bisa menilai bagaimana cara capres tersebut mengatasi suatu masalah.

Ketiga, JK berpendapat seorang capres harus punya pengtahuan yang bagus, baik dari sisi ekonomi, politik, sosial, bahkan internasional. “Ya namanya presiden Republik Indonesia, 277 juta penduduk. Kalau tanpa pengetahuan internasional juga, bagaimana?” ujarnya.

Keempat, capres harus ada rekam jejak. Capres, lanjutnya JK, harus punya rekam kerjanya, apa saja yang sudah diperbuatnya, sehingga bisa dinilai yang sudah diperbuatnya.

Meski begitu, dia tak mau menyebutkan nama. Menurutnya, yang paling penting adalah kriteria bukan sosok. “Saya juga mengharapkan kita semua itu memilih objektivitas berdasarkan kriteria,” ucap JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jusuf kalla Pilpres 2024
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top